Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Irit Motor Pakai Pertalite?

Kompas.com - 19/11/2016, 13:19 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pertamina bekerja sama dengan Tabloid Otomotif sebagai bagian dari Grup Of Magazine Kompas Gramedia, menantang komunitas sepeda motor buat memecahkan rekor irit menggunakan bahan bakar minyak (BBM) Pertalite dengan Research Octane Number (RON) 90 di Jakarta, Sabtu (19/11/2016).

Pekan lalu tim Otomotif mencatatkan rekor irit menggunakan empat motor, yakni Honda Beat dengan angka 68,08‎ kpl, Honda Supra X125 FI 71,9 kpl, Yamaha Nmax 51,6 kpl, dan Yamaha ‎V-Ixion 64,7 ‎kpl. Semua model injeksi itu meneguk Pertalite. 

Komunitas yang ditantang merupakan pengguna masing-masing model yaitu Honda Beat Injeksi ‎Jakarta (HBIJ), Club Honda Supra Depok (CHSD), Jakarta Max Owners (JMO), dan Yamaha Music Vixion Club (YMVC). ‎Pesertanya empat orang dari masing-masing komunitas menggunakan motornya sendiri, tersedia total hadiah Rp 10 juta buat pemenang.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bahan bakar minyak baru dari Pertamina, Pertalite.
Rute yang dipakai sama seperti pengujian tim Otomotif, dimulai dari SPBU Pertamina MT Haryono ke SPBU Pertamina di Jelambar, lantas ke SPBU Pertamina di Letjen S Parman, kemudian kembali ke titik awal. Panjang rute sekitar 30 km.

"Waktu kami uji pukul 11 siang, kalau rombongan kan lebih pagi (start 10.00). Selain itu juga kami membawa motor seperti biasa bukan lomba seperti ini, jadi saya yakin rekor bisa dipecahkan," ucap Dimas Pradopo dari redaksi Otomotif.

Metode pengukuran memakai cara full to full. Artinya saat berangkat semua motor diisi Pertalite hingga penuh, lantas di titik finis bensin yang dihabiskan dihitung lalu dibagi jarak tempuh di odometer. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com