Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Plus-Minus Mobil Sasis Monokok

Kompas.com - 13/10/2016, 09:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –
Istilah sasis monokok (monocoque chassis) pastinya kerap didengar dalam dunia otomotif, apalagi saat peluncuran produk mobil baru. Namun, apa sebenarnya sasis monokok?

Didi Ahadi, Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, sasis jenis ini di mana sasi dan bodi kendaraan menyatu. Di mana bodi mobil juga berfungsi sebagai sasis. Mobil yang menggunakan model ini seperti Toyota Avanza.

Chassis monocoque sering kita dengar atau kerap disebut sasis monokok. Kekuatan utamanya ada pada lembaran-lembaran baja (composit) yang disatukan atau diperkuat,” ujar Didi kepada KompasOtomotif, Rabu (12/10/2016).

Keuntungan dan Kerugian

Namun, apa kelebihan dan kekurangan dari sasis model ini? Buntarto dalam bukunya mengenai “Pengenalan Bodi Otomotif” mengatakan, karena biasanya model sasis ini memiliki bobot ringan, sehingga membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dapat direduksi. Kemudian, bantingan mobil menjadi lebih lembut.

Sementara, kelemahan rangka monokok, bila terjadi tabrakan, maka akan sulit diperbaiki, karena dalam hal ini sasis menyatu dengan bodi. Kemudian, pabrikan lebih sulit dan mahal ketika melakukan facelift atau perombakan karena harus mengubah bentuk rangka juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com