Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintu Terbuka Sendiri, Ford "Recall" Jutaan Mobil

Kompas.com - 09/09/2016, 18:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Michigan, KompasOtomotif – Ford Motor Company mengumumkan ada penambahan jumlah modelnya yang terkena “recall”. Permasalahan ada di pengait pintu samping yang ditengarai mengalami kecacatan (door latches).

Sebelumnya, jumlah yang ditarik dari beberapa model mencapai 830.000 unit, tapi kali ini bertambah hingga 1,5 juta unit. Model yang tekena recall di antaranya, C-Max lansiran 2013-2015, Escape 2013-2015, Focus 2012-2015, Mustang 2015, Transit Connect 2014-2016 dan Lincoln MKC 2015.

Karena kerusakan pada bagian pengait ini, pintu mobil kerap terbuka sendiri ketika mobil dikendarai. Ford juga melaporkan, telah terjadi satu kecelakaan dan tiga orang dilaporkan mengalami cedera, akibat kerusakan pada komponen ini.

Baca juga : Hampir 1 Juta Unit Ford Kena “Recall”

Awalnya, Ford menginformasikan, recall ini hanya berpengaruh pada daerah dengan suhu udara panas tinggi dan sorotan sinar matahari dengan sengatan tinggi saja. Namun pihak lembaga keselamatan berkendara Amerika, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) , meminta Ford untuk memeriksa di 50 negara bagian.

Penambahan ini membuat jumlah total kendaraan Ford yang terkena “recall” mencapai 2,33 juta unit. Diler-diler Ford akan memperbaiki atau memasang komponen baru di mobil konsumen dengan gratis. Ford juga belum memberikan pernyataan apakah “recall” akan berlaku global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com