Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Masih Melobi Ikut GIIAS 2016

Kompas.com - 20/07/2016, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pihak diler Ford di Indonesia diketahui pernah berusaha ikut Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang bakal digelar Agustus mendatang. Namun upaya menjelang penutupan seluruh operasi Ford di dalam negeri itu rupanya kandas sebab peserta GIIAS eksklusif hanya untuk para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

“Memang pernah ada dari pihak Ford yang mengajukan diri untuk ikut, tapi sekarang kami masih belum tahu kelanjutannya,” ujar Davy J Tuilan, Ketua Kompartemen Pameran Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) kepada KompasOtomotif, Selasa (19/7/2016).

“Mereka mungkin mau memanfaatkan momen ini, tapi kami, Gaikindo, tetap meminta dari ATPM,” tambah Davy lagi.

Sebelumnya Lea Kartika, Direktur Komunikasi Ford Motor Indonesia selaku ATPM Ford di dalam negeri mengonfirmasi perusahaan tidak ikut GIIAS. Kendati begitu Lea tidak melarang jika diler mau ikut serta, hanya saja dikatakan FMI tidak akan berpartisipasi.

Usaha terakhir

Menjadi peserta pameran adalah salah satu cara menunjukan kepada masyarakat bahwa diler Ford masih ada. Membuka stan lantas mengerahkan wiraniaga di sekitar juga bisa membantu diler menguras stok unit yang tersisa sebelum Ford benar-benar angkat kaki, akhir tahun ini.

Cara itu sudah pernah digunakan perusahaan diler Ford Nusantara tiga bulan yang lalu di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Ketika itu secara mengejutkan muscle car Mustang dijual di lantai pamer bersama Fiesta, Focus, Everest, dan EcoSport.

FMI lantas mengeluarkan pernyataan bahwa prinsipal, Ford Motor Company, tidak memberikan otoritas mengimpor dan menjual Mustang di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com