Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CBR250RR Versi ”Cowboy”

Kompas.com - 01/08/2016, 18:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tak cuma menunjukkan karya besar Honda Indonesia-Jepang via CBR250RR, PT Astra Honda Motor juga menyuguhkan versi modifikasi yang bisa menjadi acuan para modifikator. Tampang si penantang Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25 itu pun makin maskulin.

Dua konsep modifikasi didesain oleh tim Research and Development (R&D) Honda di Jepang untuk menjadi maskot dalam world premiere All New CBR250RR. Salah satunya yang eye catching adalah versi yang disebut sebagai ”cowboy” ini.

Sketsa desain dari Jepang diterjemahkan oleh modifikator Baru Motor Sport (BMS) Ariawan Wijaya. Eksekusi 100 persen di Indonesia, menggunakan komponen yang sudah ditetapkan oleh R&D Honda Jepang.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Desain dari Jepang diterjemahkan oleh BAru Motor Sport di Jakarta.
Konsep awal adalah Japanese Low Rider. Menurut Ariawan, konsep CBR250RR Cowboy ini lebih diarahkan untuk penampilan yang lebih elegan dan ekslusif. ”Ada sisi galaknya, tapi tetap menunjukkan kekuatan CBR250RR dari desain yang tajam,” kata Ari.

Banyak komponen dibuat kustom, bahkan beberapa di antaranya dibuat dengan tangan (handmade). Pelek depan-belakang kustom CNC, lalu lengan ayun model tubular juga dikustom, plus cakram depan.

Sementara jok dibuat handmade dengan kulit, juga handgrip yang menggunakan jahitan, ini pun dibuat dengan tangan. Kesannya ada sedikit sentuhan oldskool. Warna disesuaikan dengan bodi dan beberapa bagian, sehingga sepintas tampak senada.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Lengan ayun sangat berkarakter dan dibikin secara kustom.
Bodi dipilih warna biru muda dipadu dengan putih. Gaya lama juga muncul kembali saat melihat emblem CBR250RR yang menggunakan font klasik.

Yang menarik, pemasangan lengan ayun tubular dengan gaya single arm. Lekuk bagian ini benar-benar menjadi pusat perhatian, apalagi BMS melaburnya dengan warna yang kontras pada bodi.

Selebihnya, penggunaan komponen limbahan moge khas BMS, pluas aneka aksesori aftermarket. Di antaranya suspensi depan yang pakai milik CBR600R, kaliper depan Tokico, kaliper belakang Brembo, pijakan kaki Katsumoto, hingga knalpot Laser Full System.

Berikut spesifikasi lengkap Honda CBR250RR Versi Cowboy:

Pelek depan : Kustom CNC 3.5x17 by CCI
Pelek belakang : Kustom CNC 6.25x17 by CCI
Suspensi depan : CBR600R
Lengan ayun : Kustom tubular by BMS
Ban depan : Mettzeler 120/70-17
Ban belakang : Mettzeler 190/50-17
Disc brake depan : Kustom
Kaliper depan : Tokico
Kaliper belakang : Brembo
Desain Body : AHM
Single seater : AHM
Pijakan kaki : Katsumoto Japan
Rantai : Gold 520-124 RK
Knalpot : LASER fullsystem
Kulit jok : BMS
Kulit handgrip : BMS
Spion : Rizoma
Tabung minyak rem : Rizoma
Braket tabung : Rizoma 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com