Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kembali Ramaikan Motorsport Tanah Air

Kompas.com - 01/08/2016, 14:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Delapan tahun absen dari dunia balap Indonesia, Toyota Team Indonesia (TTI) akhirnya kembali hadir. TTI akan mengikuti balap di kelas Indonesia Touring Car Championship (ITCC) di ajang Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM).

Indonesia Touring Car Championship, General Manager TTI mengatakan, ini merupakan upaya untuk memajukan dan menggairahkan dunia motorsport. Selain itu, ini sekaligus menunjukkan kalau TTI merupakan salah satu tim yang selalu diperhitungkan dalam ajang balap nasional.

“Kembalinya TTI ke arena balap touring bukan hanya karena ingin mengkuti ajang ISSOM . Namun kami hadir seiring dengan semangat untuk memajukan balap touring di Indonesia, yang disertai dengan dukungan penuh para pabrikan otomotif,” ujar Memet Djumhana, General Manager TTI, dalam siaran resmi yang diterima KompasOtomotif, Senin (1/8/2016).

TTI didukung oleh PT Toyota-Astra Motor, TRD Jepang, dan GT Radial, serta Toyota Motor Oil (TMO).  Memet menambahkan, hadirnya TTI ini juga diharap bisa menstimulus pabrikan-pabrikan otomotif lain, untuk turut berpartisipasi dalam ajang balap ini.

Pebalap yang akan mewakili TTI yaitu Hari Darma Manoppo, yang akan turun di kelas ITCC kategori 1600 max menggunakan All New Yaris. Selain Darma, TTI juga punya pebalap lain yaitu Alinka Hardianti, yang masih dalam persiapan.

“Tim balap, idealnya memang terdiri dari dua pebalap, tapi untuk seri ini, TTI touring masih diwakili oleh Hari Darma. Ada juga kandidat lain yaitu Alinka Hardianti, namun masih belum diputuskan kelas apa yang akan diikuti dan mobil apa yang akan digunakan. Tunggu saja kabarnya,” ucap Memet.

Toyota Team Indonesia (TTI)  sudah lahir sejak tahun 1989. Melalui TTI, Toyota ikut mewarnai sejarah olahraga otomotif nasional dengan mengikuti berbagai ajang balap dan slalom, mulai dari sirkuit Ancol hingga di Sentul. Kendaraan-kendaraan yang pernah digunakan oleh TTI seperti Starlet, Corolla GL, Corolla Twin Cam GTI, Great Corolla dan All New Corolla, Yaris, dan Etios, serta Hilux untuk ajang offroad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com