Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Mortefontaine, Perancis

Berkenalan dengan Renault Koleos Langsung di Rumahnya

Kompas.com - 22/07/2016, 10:47 WIB

Paris, KompasOtomotif - Segmen SUV medium masih dianggap menjadi pasar yang menjanjikan buat Renault. Pabrikan asal Perancis tersebut memperkenalkan SUV terbarunya, Koleos, buat puluhan media dari seluruh dunia, termasuk KompasOtomotif.

Koleos terbaru ini sebenarnya sudah diperkenalkan kepada publik pada ajang Beijing Motor Show 2015 lalu. Tapi, tidak semua negara yang menjadi wilayah penjualan Renault, sudah mendapatkan Koleos. Untuk itu, Renault mengundang 50 jurnalis buat melihat sekaligus merasakan langsung Koleos di kampung halamannya, Perancis.

Prosesi pengenalan dilakukan di area Sirkuit Ceram, Mortefontaine, sekitar 10 kilometer di luar kota Paris. Area sirkuit ini adalah arena pengujian Renault, yang terdiri dari area sirkuit balap, off-road dan juga simulasi jalan raya.

Puluhan jurnalis ini bisa melihat langsung New Koleos, duduk sebagai penumpang, serta mengemudi SUV ini. Arena yang disiapkan adalah area off-road di pinggiran hutan Ceram. Sesi tes kedua akan berada di jalan raya kota Paris.

"Kami memberikan kesempatan kepada jurnalis untuk merasakan langsung ketangguhan New Koleos di trek off-road yang tersedia di Ceram. Silahkan eksplorasi semua kelebihan dari Koleos terbaru ini, termasuk kapabilitasnya sebagai mobil dengan konfifurasi 4x4," jelas Susan Tan, Direktur Komunikasi Renault Asia Pasifik yang mendampingi tiga wartawan asal Indonesia, termasuk KompasOtomotif, di Sirkuit Ceram, Kamis (21/7/2016).

Azwar Ferdian/KompasOtomotif New Renault Koleos

Buat pasar Indonesia, Koleos generasi kedua ini akan berhadapan langsung dengan beberapa merek tenar seperti Mazda CX-5, Nissan X-Trail, Honda CR-V, Hyundai Santa Fe dan Kia Sorento serta Toyota RAV4.

New Koleos menggunakan platform Common Module Family (CMF-CD), hasil pengembangan bersama Renault and Nissan. Koleos punya DNA yang sama dengan generasi terbaru Nissan X-Trail dan juga Renault Kadjar.

Nantinya di Indonesia, New Koleos akan tersedia dengan mesin bensin 2,5 liter berdaya 170 tk pada 6.000 RPM dan torsi puncak 233 Nm pada 4.000 RPM. Sistem penggerak 2x4 yang bisa diubah menjadi 4x4 sesuai dengan kebutuhan, dan sistem tranmisi otomatis X-Tronic.

Rencananya, New Koleos ini akan diperkenalkan buat publik Indonesia pada Oktober mendatang. New Koleos di Indonesia akan didatangkan langsung dari pabrik Renault di Busan, Korea Selatan.

Lalu, berapa harga yang pas buat New Koleos ini agar bisa bersaing ketat dengan kompetitornya di segmen SUV yang sudah terbilang riuh? Simak terus laporannya di KompasOtomotif langsung dari Paris, Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com