Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Juara, Rossi Salah Strategi

Kompas.com - 17/07/2016, 20:18 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Saxony, KompasOtomotif – GP Jeman berlangsung saat trek Sachsenring basah karena sisa hujan, Minggu (17/7/2016). Strategi pebalap Honda Repsol, Marc Marquez yang mengganti motor menggunakan ban slick saat balapan menyisakan 13 lap lagi berhasil membawanya merengkuh podium utama.

Balapan hampir saja jadi anti-klimaks buat para pebalap utama MotoGP. Selama lebih dari 20 putaran awal, hanya Valentino Rossi (Yamaha Movistar) yang berada di tiga besar.

Kejutan diberikan oleh Danilo Petruci (OCTO Pramac Yakhnich) yang mampu memimpin balap pada lap awal, namun sayang dia terjatuh pada lap ke-11. Marquez yang kecelakaan hebat saat warming up hampir saja terjatuh lagi ketika dia masuk ke area pasir, untungnya dia bisa bertahan dengan dua roda.

Saat balapan masih menyisakan 17 putaran, Andrea Iannone (Ducati) adalah pebalap pertama yang masuk ke pit untuk mengganti ban. Satu lap setelah itu, Hector Barbera (Avintia Racing) berhasil melewati Rossi untuk posisi dua, sementara itu Andrea Dovizioso masih memimpin.

Mulai putaran ke-16, racing line di trek mulai mengering. Para pebalap mulai mendapat lebih banyak traksi. Putaran ke-17, Marquez memutuskan mengganti sepeda motor menggunakan ban slick, sementara itu Rossi merebut kembali posisi dua dari Barbera.

Marquez keluar pit di belakang Jorge Lorenzo yang berada di posisi 10. Performa Lorenzo sepertinya sedang tidak karuan, hanya sebentar Marquez bisa melewatinya.

Rossi menolak permintaan tim yang mau di mengganti ban pada putaran ke-21. Dovizioso yang masih memimpin juga melakukan hal yang sama, sepertinya dia tidak mau mengorbankan keunggulan. Pada lap ke-23, keduanya memutuskan masuk pit.

Namun harapannya sudah lepas, Marquez yang mencatat waktu putaran lebih cepat dari menggunakan “ban basah” mencapai posisi dua di belakang Jack Miller (Estrella Galicia 0,0 Marc VDS) yang belum masuk pit.

Marquez akhinrya finis pertama, diikuti Cal Crutchlow (LCR Honda) yang baru naik podium sejak tahun lalu, diikuti Dovizioso yang sanggup melewati Scott Redding (OCTO Pramac Yakhnich) menjelang finis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com