Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerja Pabrik BMW Kenakan Baju “Iron Man”

Kompas.com - 27/06/2016, 18:43 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Spartanburg, KompasOtomotif – Cerita komik seperti Doctor Octopus dengan empat tentakel logam untuk melawan Spiderman, serta Tony Start Iron Man dengan baju berkekuatan super, telah menginspirasi rompi canggih, yang nantinya bakal digunakan pekerja pabrik mobil BMW.

Mengutip, Automotivenews, Senin (27/6/2016) Frank Pochiro, Assembly Planner BMW di Spartanbrug, Carolina Selatan mengatakan, akan secepatnya memperkenalkan “Ekso Vest” (eksoskeleton). Ini merupakan perangkat (digunakan dengan cara digendong seperti tas ransel) untuk membantu mengurangi ketegangan otor pekerja, saat melakukan pekerjaan yang posisinya ada di atas kepala.

Perlengkapan layaknya baju “Iron Man” ini diciptakan oleh Ekso Bionic dari Richmond, California. Produk ini dirancang ergonomis dan juga bisa membuat benda-benda tampak ringan, sehingga pekerja tidak mudah lelah.

“Dulu saya berpikir apakah kami benar-benar bisa menggunakan baju Iron Man untuk bekerja. Lalu, ketika saya melihat eksoskeleton pada TED Talk (Technology, Entertainment, Design), dan melakukan pengajuan, saya mendapat persetujuan manajemen untuk mulai lakukan program percontohan,” tutur Pochiro.

“Nantinya setipa pekerja akan memiliki masing-masing perlengkapan tersebut, untuk menjaga kehigienisan. Percobaan pertama akan dilakukan pada 30 pekerja yang ada di sini. Akhirnya kami bisa menggunakan ini,” ucap Pochiro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com