Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalkan Gienia, "Saudara Baru" Honda Jazz

Kompas.com - 22/06/2016, 03:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber paultan

Beijing, KompasOtomotif – Honda kedapatan sedang menyiapkan model hatchback baru, khusus untuk pasar China. Autohome merilis dua foto colongan yang menampilkan sosok yang diberi nama Gienia, versi hatchback dari sedan Greiz.

Mobil ini disebut lahir dari Honda Concept B yang pertama kali ditunjukkan wajahnya pada Beijing International Auto Show 2014 silam. Gienia akan diproduksi oleh perusahaan patungan Dongfeng-Honda, dan memasarkan ekslusif untuk Negeri Tirai Bambu.

Gambaran sekilas, sedan Greiz sendiri dibangun dari platform yang sama dengan Honda City, meski ada beberapa hal yang dibedakan. Jika Anda membayangkan Honda City versi hatchback, Gienia adalah jawabannya.

Jazz atau di pasar negara tertentu disebut Fit, memang sudah lama menyandang predikat sebagai hatchback-nya City. Namun tampaknya di China masih cukup ruang untuk satu lagi model hatchback kedua, lahir dari keluarga yang sama.

Jika dilihat dari penampilannya, Gienia mewariskan penampilan konsep. Ciri khas Honda, gril berdesain solid wing face berlabur krom yang diterapkan pada berbagai produk terbaru, juga ditemui di model ini. Tampilan itu didukung dengan lampu utama projector dan bumper yang agresif.

Di belakang, aura lampu model bumerang, seperti New Civic Turbo menjadi ciri utama. Lampu itu dihubungkan dengan strip yang tegas. Apron bawah menjadi tempat reflektor yang dikombinasi dengan nuansa krom.

Secara dimensi, Gienia punya panjang 4.517 mm, lebar 1.705 mm, 1.477 mm tinggi. Jarak sumbu roda tercatat 2.600 mm. Dibandingkan dengan sedan Greiz, Gienia lebih pendek 22 mm.

Penggeraknya ditopang mesin 1.500 cc i-VTEC bensin dengan tenaga maksimal 129 tk dan torsi puncak 155 Nm. Mesin itu dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau CVT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com