Jumpa Bus Tingkat Wisata Transjakarta Rp 4 M di Kemayoran - Kompas.com

Jumpa Bus Tingkat Wisata Transjakarta Rp 4 M di Kemayoran

Febri Ardani Saragih
Kompas.com - 10/04/2016, 07:16 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Bus tingkat wisata hibah Tower Bersama Group untuk Transjakarta dipamerkan di Indonesia International Motor Show, Sabtu (9/4/2016).

Jakarta, KompasOtomotif – Bus tingkat wisata Tranjakarta kedatangan satu unit anggota keluarga baru hibah dari Tower Bersama Group. Bus dua lantai itu sekarang sedang diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar 7 - 17 April 2016.

Bus ini menggunakan sasis MAN 37 dengan karoseri buatan Karoseri Nusantara Gemilang (KGN). Karoseri bus tingkat ini telah diperkenalkan sebelumnya pada model mewah Maxi Miracle, Januari 2014.

Febri Ardani/KompasOtomotif Kabin lantai bawah bus tingkat wisata muat hingga 11 orang, belum termasuk yang berdiri.
Didi Supriadi, Techical Support dari MAN Indonesia, yang ditemui sedang duduk di bangku sopir bus tingkat Tower Bersama Group, Sabtu (9/4/2016), menjelaskan, bus bergerak menggunakan mesin diesel common rail 12L bertenaga 466 PS dengan tranmisi ZF Tipmatic 12-percepatan.

Bus ini sama seperti unit hibah dari Coca Cola Indonesia buat Transjakarta. Kemampuan angkutnya untuk 60 penumpang, 11 orang di lantai bawah dan 49 di lantai atas.

“Harganya sekitar Rp 3,7 miliar – Rp 4 miliar, setahu saya yang ini hanya ada satu unit,” kata Didi.

Febri Ardani/KompasOtomotif Lantai atas bus tingkat jadi objek berhenti para pengunjung IIMS 2016.
Perjanjian resmi bus ini digunakan sebagai bus tingkat wisata dikatakan sudah kejadian. Langkah selanjutnya tinggal proses serah terima dari Tower Bersama Group kepada Transjakarta, lalu memilih tanggal beroperasi.

Catur Indra, warga Cijantung, Jakarta Timur, yang sempat mencoba masuk ke dalam bus bersama keluarga, mengatakan interiornya nyaman dan lebih mewah dari bus sebelumnya yang pernah ia coba.

“Di lantai atas, atapnya kurang tinggi. Bedanya lagi, yang ini bangkunya lebih banyak dan ada pegangan tangannya jadi bisa berdiri yang lama kan duduk semua,” kata Catur.

Staff Hubungan Masyarakat Transjakarta Harmoko yang juga berada di tempat menjelaskan, berikut tambahan unit ini berarti total bus tingkat Transjakarta nantinya menjadi tujuh unit. Lima di antaranya berasal dari Dinas Pariwisata, satu unit dari Coca Cola Indonesia, satu unit dari Alfamart, plus nantinya dari Tower Bersama Group.

Di pameran International Trade Exhibition for Auto Parts, Accessories and Vehicle Equip (INAPA) yang digelar di JiExpo Kemayoran, Jakarta, pada akhir Maret lalu New Armada juga sudah memperkenalkan satu dari delapan unit bus tingkat wisata hibah dari Agung Sedayu Group. Kedelapan unit itu masih dalam proses penyelesaian bodi, setelah selesai akan diserahkan ke Transjakarta.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFebri Ardani Saragih
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM