Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Bus Tingkat Mewah Baru Buat Transjakarta

Kompas.com - 02/04/2016, 11:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – DKI Jakarta bakal kedapatan 8 unit bus tingkat baru hibah dari Agung Sedayu Group. Salah satu unit buatan karoseri PT Mekar Armada Jaya (New Armada) itu ditampilkan di International Trade Exhibition for Auto Parts, Accessories and Vehicle Equip (INAPA) dan The 7th Indonesia International Bus, Truck & Component (IIBT) yang digelar di JiExpo Kemayoran, Jakarta, pada 29 Maret – 1 April 2016.

Bus tingkat ini bernama Highlander, karoserinya dibangun di atas sasis Mercedes-Benz 2542. Konsepnya jadi angkutan massal berkapasitas 16 tempat duduk di lantai bawah dan 59 tempat duduk di lantai atas.

Febri Ardani/KompasOtomotif Suasana lantai dasar bus tingkat New Armada Highlander pesanan Agung Sedayu Group untuk Transjakarta
Tony Mardianto desainer karoseri New Armada menjelaskan, desain Highlander mirip dengan model yang disumbangkan Alfamart untuk Transjakarta. Pembedannya ada pada beberapa elemen eksterior, terutama pada bagian wajah.

Febri Ardani/KompasOtomotif Suasana lantai atas bus tingkat New Armada Highlander pesanan Agung Sedayu Group untuk Transjakarta.
“Prinsipinya bus ini sama, tapi pengembangan dari yang pertama. Satu unit sudah selesai, sementara 7 lainnya masih dalam proses tinggal cat. Semuanya sudah bisa selesai dalam waktu dekat ini,” kata Tony, Jumat (1/4/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Ruang kokpit canggih buat pengemudi bus tingkat New Armada Highlander. Menggunakan transmisi otomatis.
Highlander punya fitur CCTV di bagian atap depan dan belakang, running text LED di bagian eksterior depan dan setiap lantai, televisi 22 inci, dan tempat duduk khusus untuk difabel,

Bila diperhatikan dengan seksama, bus ini tidak punya tuas transmisi panjang identik manual sebab menggunakan versi otomatis, pengemudi juga mendapatkan sistem Global Positioning System (GPS), dan panel khusus buat rem parkir dan tombol-tombol pengaturan lain.

“Setahu saya bus ini akan dihibahkan dalam jangka waktu dekat ini yang mengoperasikan nanti adalah Transjakarta,” ujar Tony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com