Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Naik Mobil di Musim Hujan, Perhatikan Ini!

Kompas.com - 23/12/2015, 10:52 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Musim liburan datang. Rencana bepergian menggunakan mobil bisa menjadi salah satu opsi yang menyenangkan. Kendati demikian, persiapan matang tetap harus dilakukan, terutama mengecek ”kesehatan” kendaraan agar perjalanan tetap nyaman.

General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman mengatakan kepada KompasOtomotif, (22/12/2015), bahwa liburan pada musim hujan butuh perhatian ekstra.

”Hampir setiap hari hujan sekarang ini. Ada beberapa hal kecil yang cukup penting untuk diperhatikan. Tapi meski hal-hal tersebut tergolong kecil, tapi jika tiba-tiba dibutuhkan, lalu tidak siap, liburan akan berubah jadi kurang menyenangkan,” kata Iwan.

Beberapa hal tetap ada kaitannya dengan air dan performa komponen mobil saat menerjang hujan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat liburan naik mobil di musim penghujan:

1. Kembang ban. Pastikan cukup tebal untuk melewati jalan berair. Waspada aquaplanning dan terjadinya selip saat traksi ban kurang akibat kembang (pattern) tak lagi dalam kondisi baik.

2. Karet wiper (pembersih kaca). Performanya sangat dibutuhkan untuk ”menghapus” air yang menerjang kaca. JIka karet sudah getas, kemampuan menyingkirkan air akan jauh berkurang dan pandangan menjadi kabur.

3. Air wiper. Ketika hujan mulai reda, biasanya banyak bintik-bintik air yang terciprat dari pergerakan kendaraan di depan. Air wiper akan sangat membantu membersihkannya. Usahakan bawa cadangan di botol.

4. Rem. Cek kondisinya agar tetap berperforma baik, terutama cek minyak rem dan kampas.

5. Oli mesin. Lihat kualitas dan kuantitasnya.

6. Obat-obatan pribadi, payung, lagu-lagu kesukaan anak, makanan kecil, dan minuman.

7. Tekanan ban serep, cek untuk berjaga-jaga agar saat dibutuhkan tak lagi bingung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com