Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Desain Ban Depan dan Belakang Motor Berbeda?

Kompas.com - 16/12/2015, 07:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Beda seperti produk ban lain, setiap ban sepeda motor yang dijual Michelin Indonesia memiliki spesifikasi berbeda untuk roda depan dan belakang. Menurut Sales Director 2Wheels Product Line Michelin Indonesia Bayu Surya, alasan utamanya karena masing-masing ban punya fungsi dan cara kerja berbeda jadi desainnya harus disesuaikan.

Dijelaskan Bayu, ban depan berfungsi mengendalikan arah sepeda motor, menjaga grip saat berbelok, dan memecah air saat jalan basah. Sebab itu desain motif tapak ban depan dirancang memenuhi kebutuhan dasar tersebut.

Ban di bagian belakang kerjanya lain. Berperan sebagai penumpu torsi dari mesin dan beban motor dari penumpang. Bukan hanya itu, fungsinya bekerja juga menjaga kestabilan berkendara.

“Perbedaan alur depan dan belakang pada Michelin Pilot Street dibuat untuk menghasilkan performa optimal sesuai dengan letak ban tersebut.,” ujar Bayu, Senin (14/12/2015).

Pilot Sport adalah ban khusus untuk sepeda motor tipe sport touring. Ban ini memiliki motif tapak dan material compound berbeda buat roda depan dan belakang.

Tentu saja hal ini berefek pada kemampuan sepeda motor menghadapi berbagai kondisi jalan. Dampak besarnya meningkatkan keselamatan berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com