Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Nasional Membaik, Honda Ikut Berkembang

Kompas.com - 06/10/2015, 13:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar wholesales otomotif masih lesu, dari tren yang terjadi sekarang angka penjualan menjauhi level 100.000 unit per bulan selama sembilan bulan 2015. Meski begitu pada September lalu ada beberapa merek yang berhasil meningkatkan performa, salah satunya Honda.

Dalam laporan penjualan Honda, Senin (5/10/2015), menjelaskan, terjadi peningkatan dari 13.226 unit pada Agustus menjadi 14.355 unit pada September. Porsi penyumbang terbesar datang dari model andalan MPV bawah Mobilio, diikuti HR-V, Brio, Jazz, CR-V, Freed, City, Odyssey, Civic, CR-Z, dan Accord.

Menurut data yang dibeberkan, menarik melihat pergerakan CR-Z. Pada September, penjualan model hibrida satu-satunya berlambang “H” di Indonesia ini meningkat 93 persen dari Agustus menjadi 31 unit. Model lain yang juga mengalami peningkatan signifikan adalah MPV medium Odyssey. Disebutkan penjualannya melonjak 95 persen menjadi 41 unit pada September dibanding bulan sebelumnya.

“Di tengah pasar otomotif di semester kedua tahun 2015 yang masih dipengaruhi pelemahan kondisi ekonomi nasional, Honda masih tetap konsisten dalam peningkatan penjualan selama dua bulan berturut-turut yaitu pada bulan Agustus dan September. Selain didukung pameran otomotif di berbagai daerah di Indonesia, kami bersyukur bahwa Honda memiliki produk yang cukup kuat dan diterima baik oleh konsumen sehingga masih dapat mencatat tren yang positif di dalam kondisi ini,” ujar Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Total wholesales

Secara keseluruhan, dua pameran otomotif yang berlangsung bersamaan pada Agustus lalu, Indonesia International Motor Show dan Gaikindo Indonesia International Auto Show, mengerek naik wholesales pada Agustus dan September.

Pada Juli penjualan nasional sempat drop dari 82.172 unit (Juni) menjadi 55.615 unit. Tapi kemudian terjadi tren peningkatan, pada Agustus volume naik ke 90.534 unit, lantas September menjadi 92.478 unit. Selama Januari – September 2015, total wholesales mencapai 764.119 unit turun dari periode yang sama tahun lalu 932.668 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com