Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Terios 7 Wonders Libas Liarnya Trans Kalimantan

Kompas.com - 15/09/2015, 14:05 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Banjarmasin, KompasOtomotif
- Setelah bermalam di desan Karuing untuk berkunjung ke habitat asli orang utan di Kawasan Taman Nasional Sebagau, hari Senin (14/9/2015) rombongan Daihatsu New Terios Borneo Wild Adventure di Kalimantan melanjutkan perjalanan ke etape kedua. Banjarmasin menjadi tujuan dengan jarak tempuh terjauh dari tujuh destinasi lainnya, yakni 315 km.

Rombongan mulai bergerak sejak pukul 14.30 WIB. Medan jalan bukan aspal berdebu yang sama saat datang kemarin (13/9/2015) menjadi menu utama keberangkatan rombongan. Para peserta Daihatsu Terios Borneo Wild Adventure kali ini melibas jalur trans Kalimantan melintasi beberapa kota besar, seperti Sampit, Palangkaraya, Kuala Kapuas, hingga Banjarmasin.

Menu baru pada perjalanan etape kali ini adalah sambutan kabut asap dari kebakaran hutan yang kami temui hampir di sepanjang jalur. Untungnya jarak pandang relatif aman sehingga rombongan ekspedisi terus bergegas dengan tetap menjaga ritme jarak antar kendaraan.

ADM Trans Kalimantan dengan karakter jalur beragam, mulai dari lurus, berkelok, aspal, tanah, dilibas rombongan.

Berkelok

Kali ini KompasOtomotif berkesempatan membawa salah satu unit New Terios R Adventure dengan transmisi manual. Saat melintasi jalur berkelok selepas dari Palangkaraya New Terios masih asyik diajak bermanuver cepat, bahkan ketika menyalip beberapa rombongan truk.

Kelincahan yang dihadirkan tak lepas dari fitur Electrick Power Steering (EPS) yang membantu SUV ini bermanuver meski membawa beban tambahan di atap kabin dengan roofbox. Putaran tenaga 109 ps yang dikeluarkan dari mesin 1.495 cc masih responsif menangapi tekanan pedal gas saat memacunya di putaran tinggi.

Bukan hanya itu ciri khas kenyamanan SUV juga ditonjolkan ketika melintas di jalur bergelombang dan bumpy. Suspensi MacPherson Strut dengan sistem per keong, ditambah stablizer di bagian depan serta 5-link rigid-axle pada sektor belakang bekerja secara optimal meredam guncangan.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih delapan jam, akhirnya tepat pukul 23.15 Wita rombongan tiba di kota Seribu Sungai, Banjarmasin. Di sini rombongan akan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan ke Amuntai di pagi harinya. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com