Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grand Filano, Skutik Premium untuk Bernostalgia

Kompas.com - 01/06/2015, 20:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Grand Filano, skutik berbodi lebar yang dikategorikan sebagai kelas premium. Model ini dibanderol Rp 28 juta on the road Jakarta, menyasar pengguna mapan yang ingin bernostalgia membangkitkan kenangan masa lampau.

Executive Vice President YIMM Dyonisius Beti dalam peluncuran di booth Yamaha, Jakarta Fair (PRJ) 2015, Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (1/6/2015), mengatakan bahwa meski berkapasitas mesin sama dengan Mio M3 dan Soul GT, namun perlakuan konsumen Grand Filano sangat berbeda.

”Konsepnya memang untuk konsumen yang ingin bernostalgia dengan berbagai keunikan yang ada pada sepeda motor ini. Belinya khusus, di R Shop kota-kota besar, dan dijual terbatas 350 unit untuk tahun ini,” ujar Dyon.

Dalam penjelasan produk, tampak bahwa Yamaha menyasar pria mapan yang sudah berkeluarga. Mereka yang sudah sukses kadang ingin bernostalgia, bagaimana masa-masa bujang atau pacaran naik sepeda motor, meski di masa kini menggunakan sepeda motor yang sesuai dengan status sosial.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Yamaha Grand Filano didukung berbagai kelengkapan untuk kenyamanan.

Keunggulan

Untuk mendukung itu, Yamaha membekali Filano dengan mesin 125 cc Blue Core bertenaga 8 tk @6.500 rpm dan torsi puncak 9,7 Nm @5.000 rpm. Desain dibuat dengan konsep efisien, nyaman, tapi mempertahankan desain fashionable.

Lampu belakang LED dipadu lampu depan halogen 12v 35w. Speedometer komunikatif dengan indikator ECO. Jok lebar, posisi duduk sedikit lebih tinggi ketimbang Mio M3, kapasitas bagasi 27 liter. Kunci dilengkapi teknologi answer back system, dengan lubang kunci yang dilengkapi tombol pembuka bensin dan jok.

Setelan suspensi diklaim beda dengan karakter sport Yamaha, memberikan kenyamanan lebih baik. Semua itu didukung dengan ban tubeless yagn lebar dengan ukuran 110/70-12 (depan dan belakang sama). Kenyamanan lain, pijakan kaki didesain gampang dibuka. Ruang kaki juga luas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com