Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Toyota Avanza dengan Konsep "Racing"

Kompas.com - 05/11/2014, 11:00 WIB
Aris F. Harvenda

Penulis

Semarang, KompasOtomotif - MPV memang sangat identik dengan mobil keluarga. Namun bukan berarti karakter tersebut tidak bisa dipersonalisasi dan diubah sesuai keinginan pemilik. Seperti yang dilakukan Azharie pada Toyota Avanza G keluaran 2009. Konsep yang diusungnya jadi mirip mobil sport.

"Walaupun mobil keluarga tapi saya ingin mengubah persepsi bahwa MPV juga bisa dipakai buat performa, dan Avanza ini punya mesin yang mumpuni. Konsep profil rendah pas untuk membuat tampilan Avanza ini jadi perhatian, dengan syarat masih tetap stabil," papar pria berusia 33 tahun tersebut.

Standar
Azharie menuturkan, untuk membuat mobil ini kencang prosesnya tidak sulit. Bapak dua orang anak ini mengatakan bahwa mesin 1.3L yang digendong Avanza sebenarnya sudah mumpuni. "Saya cuma mengganti saluran pembuangan saja, mulai dari header hingga knalpot," urai Ari panggilan akrabnya.

Tidak ada penggantian komponen untuk mesin maupun aksesori penunjang di jantung pacu. Semua masih standar bawaan pabrik. Sebagai pembuktian Ari sempat ikut lomba drag race 201 dan berhasil memboyong piala peringkat 3 di kelas bracket 12 detik dan peringkat 4 di kelas bracket 11 detik.

Sangar
Untuk mendongkrak penampilan agar lebih sangar berbau racing, bodi ditutup stiker biru dof dari depan hingga pintu belakang. Ari sengaja tidak menutup stiker di bagian belakang untuk menyisakan identitas warna asli body. "Biar tidak melanggar aturan, bagian belakang tetap diperlihatkan cat asli bawaan mobil," kata pria yang berdomisili Jalan Tumpang, Semarang.

Pada ruang kabin dipasang roll bar 4 titik. Dijelaskan, saat mengikuti drag race jok depan diganti dengan model balap. Namun untuk sehari-hari tetap pakai jok standar. AC dan audio tetap dipasang agar tetap nyaman dipakai sehari-hari. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com