Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Kriteria SUV Ada di Mobil Ini

Kompas.com - 26/09/2014, 19:35 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sempat bimbang memilah SUV dengan punya kriteria lengkap, akhirnya Ary Yunanto Setiabudi menjatuhkan pilihan juga. Division Head di salah satu bank swasta nasional itu memilih Toyota Fortuner untuk dipakai menemani keseharian, melepas penat dengan berpetualang ringan, atau berlibur bersama keluarga.

Menuju keputusan itu bukanlah hal yang mudah. Cukup lama Ary menimbang dengan banyak kriteria. Dirinya mengaku banyak memperhatikan detail, desain, interior, sampai kemampuan mesin. Menuriutnya, beberapa model memenuhi beberapa kriteria, namun ada hal penting yang hanya dipunyai Fortuner. Apa itu?

”Setelah bertanya ke banyak teman, komponen fast moving harganya jauh lebih murah. Kriteria ini pasti jadi pilihan banyak orang, karena memakai mobil itu untuk jangka panjang. Di sisi modifikasi juga lebih fleksibel. Satu lagi, tidak ada yang mengalahkan resale value Toyota,” jelasnya kepada KompasOtomotif (26/9/2014).

Pengalaman
Enam bulan setelah membeli Toyota Fortuner G A/T diesel 2012 (D-4D), Ary membawa mobilnya ke Bromo. Selama tujuh hari perjalanan, dirinya merasakan efisiensi dan ketahanan yang sangat baik. Menggunakan bio solar, untuk bahan bakar tergolong sangat irit, dipakai perjalanan dan ”blusukan” ke pegunungan Bromo.

Untuk memenuhi kepuasan batin, Ary juga pernah membawa Fortunernya di medan off-road ringan daerah Pandeglang, Banten. ”Ini mobil 4X2, tapi sudah cukup untuk menaklukkan off-road ringan dipandu oleh ekpertis dari IMI. Bahkan ada teman dari komunitas yang harus masuk ke lumpur setinggi 40-50 cm. Cukup menyenangkan!” beber Ary.

Ary menyimpulkan, ada tiga kriteria yang harus dipunyai SUV idaman. Pertama, kemampuan untuk menjelajah berbagai medan dengan akselerasi yang mumpuni. Kedua, menjadi mobil keluarga yang memenuhi syarat, termasuk lapang di setiap baris kursinya. Dan terakhir, irit bahan bakar, murah suku cadang, dan berharga tinggi jika dijual kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com