Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2014, 13:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Autoblog
California, KompasOtomotif - Misalnya Anda baru saja mendapat promosi besar dalam pekerjaan, dan membuat status kehidupan meningkat. Sampai akhirnya Anda bisa beli rumah baru yang lebih besar di kawasan elit dan masih punya uang sisa untuk memperbarui mobil pribadi. Lantas apa mobil pertama yang Anda beli dengan status anyar sebagai "orang kaya baru" (OKB)?

Beberapa model seperti Audi A3 dan Mercedes-Benz CLA bisa dibuat sesuai pesanan untuk perkenalan pembeli pada segmen premium. Tapi, sebuah penelitian baru membuktikan kalau OKB kedua model itu tidak sebagai pilihan pertama dalam hal mobil baru, tapi justru Volvo jadi idola. Menariknya lagi, justru model lawas Volvo yang dibeli, yang sudah tidak diproduksi lagi.

Guna mengetahui model mobil apa yang paling banyak dipilih bagi OKB, dilakukan studi oleh lembaga peneliti Polk dan IHS Automotive. Informasi diperoleh dari data pendaftaran kendaraan baru periode Januari-April 2014.

Sepuluh model teratas mencakup porsi di atas 50 persen, Volvo C70 memimpin dengan 67,01 persen di mata OKB.

Volvo C70 terakhir diproduksi pada 2013. Satu-satunya mobil yang sudah tidak lagi ditawarkan pada seseorang ketika mau beli mobil.  BMW 128i mengisi peringkat ketujuh dengan presentase 53,9 persen, bahkan ketika model ini sudah dipastikan tidak akan dipasarkan lagi di AS mulai tahun ini.

Sepertinya, beberapa dealer di AS masih menyisakan stok cukup banyak dan pembeli banyak mendapat buaian bonus ketika membelinya, seperti diskon atau hadiah langsung.

Berikut daftar 10 mobil pertama pilihan OKB menurut Polk:
    Volvo C70
    Infiniti JX35 (QX60) 
    Acura ILX 
    Audi A3 
    Cadillac ATS 
    Acura RDX 
    BMW 128i 
    Lexus CT 200h 
    Land Rover LR2 
    Mercedes-Benz CLA-Class

Kesimpulan lain yang diperoleh dari studi ini, ternyata Mercedes-Benz S-Class menjadi pilihan paling dihindari oleh OKB. Meskipun, harganya memang terbilang mahal, mulai dari 100.000 dollar AS, masalahnya ada pada lonjakan status yang terlampau tinggi dari sebelumnya mengendarai Camry atau Accord.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Autoblog
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com