Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Motors Tak Bisa Terjun ke “MPV Sejuta Umat”

Kompas.com - 16/07/2014, 09:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tak seperti kebanyakan merek Jepang yang punya produk di kelas “MPV sejuta umat”, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) mengatakan tak bisa terjun ke segmen “pembawa berkah” tersebut.

Dari 3 model mobil penumpang yang sekarang dipasarkan hanya Aria Pure yang paling mendekati MPV. Bahkan dari 10 model baru yang akan diluncurkan hingga Maret 2015, tak ada satupun yang masuk ke klasifikasi MPV bawah.

Di acara buka puasa bersama Tata Motors di Jakarta, Selasa (15/7/2014), Manoj Arora, GM Penjualan dan Pemasaran TDMI mengatakan, bisnis Tata Motors di Indonesia mengandalkan pasokan unit dari India. Dengan begitu model yang ditawarkan sesuai dengan pilihan model global. Diterangkan, Tata Motors memang tidak punya model MPV bawah.

“Di pasar global, hatchback merupakan permintaan terbesar di Eropa,” jelas Manoj. Di India Tata Motors telah meluncurkan model terbaru, hatchback Bolt, pada Februari lalu. TMDI juga mempersiapkan model dengan platform sama seperti sedan Manza itu untuk diluncurkan di Tanah Air.

“Indonesia spesial karena gemar dengan MPV, kita punya Aria sebagai SUV dengan rasa MPV. Tapi kita tidak punya rencana sampai sekarang untuk MPV bawah,” tambahnya.

Tanpa MPV bawah
Kendati tidak punya model “MPV Sejuta Umat” Tata Motors tetap optimis berkiprah di Indonesia. Dalam lima tahun, TMDI membidik posisi lima besar merek terlaris dari 39 merek yang terdaftar di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Saat ini TDMI masih berkutat di peringkat 20 besar, dengan pencapaian total penjualan sekitar 350 unit sejak IIMS 2013. “Untuk merek baru volume itu bagus. Tapi fokus kita bukan ke situ (penjualan), kita fokus pada kepuasan konsumen,” kata Manoj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com