Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Genesis Menantang Hegemoni BMW dan Mercy di Eropa

Kompas.com - 26/02/2014, 13:03 WIB
Zulkifli BJ

Penulis

Sumber Bloomberg
Chung Sung-Jun, Getty Images/http://driving.ca Sosok All-New Hyundai sedan Genesis
Chung Sung-Jun, Getty Images/http://driving.ca Kokpit sedan Hyundai Genesis sama dengan mobil premium Eropa
Chung Sung-Jun, Getty Images/http://driving.ca Sedan Hyundai Genesis 2015 tampil makin elegan

London, KompasOtomotif – Setelah diperkenalkan di Seoul pada November lalu, berlanjut di Detroit Motor Show 2014, Januari kemarin, Hyundai kembali memboyong andalannya di segmen premium, yaitu Genesis 2015 (All-New Genesis) di Geneva Motor Show yang berlangsung minggu depan. Genesis merupakan sedan premium pertama Hyundai yang dijual di Eropa.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya saat diperkenalkan pertama kali, bos Hyundai Eropa, Allan Rushforth kembali menegaskan, All-New Genesis dipasarkan di Eropa untuk menerobos hegemoni merek premium Jerman yang terdidiri dari BMW, Mercedes-Benz dan Audi.

Lebih spesifik, All-New Genesis akan bertarung dengan BMW Seri-5, Mercedes-Benz E-Class dan Audi A6 yang merupakan pasar besar mobil premium terbesar di kawasan tersebut. Luar biasa! Padahal, Genesis dalam strata model-model Hyundai, berada di bawah Equus atau Centennial (paling top).

Sangat Spesifik 
Menurut Allans Rushforth yang dikutip Bloomberg, tidak mudah bagi Hyundai menerobos hegemoni merek-merek Jerman, terutama di Inggris, Eropa Barat dan Skandinavia. Apalagia di Inggris, 80 persen mobil mewah dikuasai oleh merek-merek Jerman. Untuk itu, strategi yang akan dijalankan, Genesis akan menyusur pasar Eropa mulai dari Ceko, Slowakia dan Eropa Selatan. Penjualan dimulai pada Juni mendatang dengan target 1.000 unit per tahun untuk konsumen yang sangat spesifik.

Juga dijelaskan, pada 2017 Hyundai akan memboyong 27 model ke Eropa untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Saat ini, tidak kurang  populasi Hyundai di Eropda mencapai 6 juta unit, 70 persen sudah berusia 7 tahun. Proporsi kustomer yang kembali membeli Hyundai tahun lalu naik menjadi 50 persen dibandingkan dengan empat tahun llau 36 persen. Bukti loyalitas konsuemn Hyundai semakin tinggi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com