Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ngegas" Pakai Jempol dengan Alat Ini

Kompas.com - 29/01/2014, 17:06 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Corsica, KompasOtomotif – Berakselerasi kini tak perlu memutar handel gas menggunakan gerakan pergelangan tangan. Perusahaan asal Corsica, Perancis, menciptakan tuas khusus untuk "ngegas", hanya dengan menggerakkan jempol, dinamai Inoveli FV-01. Tak hanya untuk sepeda motor, alat ini juga bisa diterapkan kendaraan yang punya setang seperti ATV, kendaraan salju, atau jetski.

Sebenarnya, di berbagai jenis ATV atau motocross, teknik ngegas dengan jempol sudah diterapkan. Hanya, produsen menjelaskan bahwa FV-01 mengutamakan gerakan jempol lebih alamiah. Jika pada ATV, jempol harus mendorong tuas gas—cukup berat—alat ini hanya membutuhkan sedikit tenaga untuk membuat tuas terdorong dengan gerakan jempol mencengkeram seperti gerakan menggenggam biasa.

Dengan begitu, pengendara tidak mudah lelah ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Selain itu, jemari selalu dalam jangkauan untuk meraih tuas rem. Jika menggunakan metode putar handel gas, semakin kencang pergelangan tangan harus semakin ditekuk. Jemari membutuhkan waktu sepersekian detik lebih lamban dan lebih lemah untuk meraih tuas rem ketika berhenti mendadak.

Peranti ini dipatok 229,9 Euro atau setara Rp 3,8 juta, bisa diaplikasikan pada semua kendaraan yang menggunakan setang untuk sistem kendali. Lebih detail, simak videonya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com