Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Jadul "F1 Lotus" yang Tahan Banjir

Kompas.com - 28/02/2013, 16:54 WIB


Jakarta, KompasOtomotif — Simpel, multiguna, dan asyik. Tiga kata itu mencukupi keinginan Yogi ketika ingin membangun tunggangan roda duanya menjadi bergaya bobber setengah tracker. Pria yang tinggal di bilangan Jakarta Barat ini pun memilih sebuah Honda GL Pro Neotech 1995 sebagai bahan dasar.

Faktor multiguna lantas memang terejawantahkan sempurna karena manajer pemasaran produk pupuk ini pun suatu kali benar-benar menggunakannya sebagai kendaraan harian gara-gara mobilnya masuk bengkel asuransi. Naas, tapi juga beruntung, "kuda hitamnya" dipakai saat Jakarta sedang dihajar banjir besar pada Januari lalu, dan lolos mulus melaju.

"Di parkiran kantor, air masuk setengah ban. Tapi, ya pulang biasa aja. Banjir, jalan terus," ungkapnya seraya mengaku bahwa total biaya pembangunan motornya masih satu digit di depan angka, alias hemat di kantong.

Ayrton Senna

GL Pro ini pun menggunakan tangki CB seperti yang terlihat di gambar. Namun, modelnya tidak seperti yang umum beredar di Indonesia. "Tangkinya dari CB 100, tapi bukan orisinal. Ini yang mini, produk Thailand," tambahnya.

Tak banyak yang diganti. Mesin tetap sama, dan desain yang diinginkan bersinambung serta memanfaatkan apa yang sudah terpasang dari bawaan aslinya. Knalpot pun bawaan asli, walau sedikit dipangkas.

Sisanya, Yogi melepas jok dan menggantinya dari produk MB Tech. Sementara itu, ban Swallow Thunder diklopkan bersama velg besar Direction berukuran depan-belakang sama, yakni 100/70-17.

"Yang krom-krom juga bawaan asli. Tutup klakson krom juga asli GL," urainya seraya menambahkan bahwa sepatbor diambil dari Kawasaki Binter yang juga sudah krom, sementara lampu belakang dan setang aftermarket. "Kayaknya itu setang Honda Win. Kalau spion dari Yamaha DT 100," imbuhnya diikuti informasi kalau pegangan pelat nomor belakang hasil bikinan temannya.

Sekilas, tangki sebagai identitas paling menonjol di sini memancing memori akan mobil F-1 Lotus yang salah satu generasinya pernah dibesut legenda balap Ayrton Senna. Warna dasar hitam dibingkai garis tipis emas menjadi tampilan khas sponsor produk tembakau, John Player Special. Bobber-tracker ini pun tak kalah spesial, walaupun terlihat simpel. (Dimas Wahyu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com