Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setir PS3 Bisa Pakai Punya BMW

Kompas.com - 19/03/2012, 16:57 WIB

KompasOtomotif — Penggila Gran Turismo (GT) 5 XL Edition untuk PS3 pasti tidak asing dengan Logitech G27. Tampilan setir dan persneling bisa diubah dengan buatan aftermarket dari Momo dan Sparco (setir) serta Fanatec atau Thrustmaster (persneling). Kalaupun bosan lagi, bagian tutup klakson dan ujung tongkat persneling bisa diganti dengan merek BMW.

Pilihannya banyak dan bisa ditemukan di eBay. Untuk tutup klakson di setir, kita bisa pakai model E23, E24, E28, E30, E32, dan E34 yang dijual 15 dollar AS atau Rp 135.000, sedangkan tuas transmisi manual 6-percepatan hanya bisa menggunakan model Seri 3 E90, E91, E92, dan E93 dengan banderol 31 dollar AS atau Rp 279.000.

Cara pasangnya, kendurkan sekrup yang memegang tombol klakson dan lepaskan tombol dengan didorong dari belakang. Setelah itu, pasang tombol BMW dengan menekannya. Namun sebelum dipasang, ada baiknya pinggiran klakson dikasih isolasi dua sisi (double tape). Setelah itu, baru sambungkan beberapa kabel yang ada.

Untuk tuas persnelling, lepas yang lama, termasuk pelapis berwarna silver yang menempel di ulir besi. Berhubung diameter lubang tuas BMW lebih besar, Anda harus menambah bahan teflon putih yang biasanya dijual bersamaan dengan tuas. Jika penggantian ini bersifat tidak permanen, jangan gunakan lem keras pada proses penggantian setir dan tuas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com