Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW X3 untuk Pasukan Pemadam Kebakaran

Kompas.com - 11/11/2010, 07:37 WIB

MUENCHEN, KOMPAS.com - BMW X3 terbaru akan diluncurkan tahun depan dan hanya bisa dibeli oleh sebagian kecil orang . Maklum, SUV BMW adalah kendaraan simbol prestise. Namun di kota asalnya, Muenchen, Jerman, SUV ini diandalkan sebagai armada pasukan pemadam kebakaran.

Departemen Pemadam Kebakaran Muenchen menerima SUV ini dari BMW dan merupakan unit dari versi yang dipasarkan sekarang ini. Dijelaskan pula, kerjasama BMW dengan Departemen Pemadam Kebakaran kota Muenchen sudah berlangsung lama.

Delapan unit X3 F25 digunakan untuk membantu kegiatan darurat pemadam kebakaran, yaitu mendukung tim medis. Varian yang dipilih adalah xDrive 20d bermesin diesel 2.000 cc, 4-silinder, common rail dan turbocharger.

Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 17,8 km/liter, sedang tenaga mencapai 184 PS dan torsi top 380 Nm @1.750 - 2.750 rpm. Mobil ini dilengkapi pula dengan lampu LED dari DBS Hansch, dan pada gril dipasang lampu Hansch Sputnik nano. Tambahan lain, dua sirene, satu jenis listrik, yaitu Hanscht Typ 520 dan lainnya Martinshorn yang bekerja dengan tekanan angin.

“Kami puas dengan BMW X3 karena aman dan tangguh. Seluruh unit digunakan di kota Muenchen dan sekitarnya," ujar Wolfgang Schauble, Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Muenchen.

General Manager Regional Marketing BMW,  Christoph von Tschirschnitz menambahkan, seluruh teknologi  pada produknya  diciptakan untuk mendukung kegiatan keselamatan dan pengamanan.

"Semua model BMW bisa diandalkan dan sangat baik sebagai kendaraan darurat. Dengan sistem xDrive all-wheel-drive, kendaraan ini mampu menerabas berbagai medan ekstrim," tegas Tschirschnitz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com