Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Keduluan Toyota soal Proyeksi Pasar 2017

Kompas.com - 15/11/2016, 15:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Kondisi pasar otomotif roda empat yang mulai tumbuh positif tahun ini diharapkan bisa belanjut sampai tahun depan. Namun, ketika berbicara mengenai proyeksi 2017, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ternyata belum bisa menjawabnya.

Padahal, hanya tinggal satu bulan lebih lagi menuju pergantian tahun. Sebenarnya, prediksi yang dilontarkan diharapkan menjadi dasar bagi para produsen untuk bersiap diri, menyambut iklim bisnis baru, misalnya dengan membangun strategi.

"Saat ini, Gaikindo belum menghitung lagi terkait prediksi untuk 2017. Namun, Gaikindo optimistis target bisa tercapai pada akhir 2016," ujar Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo, di Jakarta, Senin (14/11/2016).

Lebih dahulu dari Gaikindo, Toyota sudah secara matang melakukan proyeksi pasar tahun 2017 nanti, dengan perkiraan kenaikan ada di angka 3-6 persen. Walaupun masih belum pasti, beberapa variabel analisis yang dilakukan menuju ke arah yang positif.

"Mungkin semester pertama 2017 akan tetap pasarnya (flat), tetapi di semester kedua, baru akan mulai tumbuh. Namun, memang, prediksi ini belum pasti, bisa saja di akhir tahun akan berubah pandangan. Namun, situasi seperti itulah yang kami baca untuk ke depannya," ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, di sela-sela Workshop Wartawan Industri dan Otomotif, Ciawi, Bogor, Jumat (11/11/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com