Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Honda "Recall" 4,5 Juta Unit Mobil

Kompas.com - 10/07/2015, 07:01 WIB
Los Angeles, KompasOtomotif - Masalah kantung udara (airbag) Takata belum sepenuhnya selesai. Kali ini, Honda kembali mengumumkan penarikan massal untuk perbaikan (recall) sebanyak 4,5 juta unit mobil karena masalah airbag Takata.

Pengumuman recall ini dikeluarkan Honda, Kamis (9/7/2015). Honda menyatakan data terakhir mobil yang akan ditarik mencapai 4 juta unit lebih. Tapi, dari angka tersebut sebanyak 1,63 juta unit teregistrasi di Jepang. Model yang terkena recall di antaranya adalah Jazz dan CR-V lansiran 2007 sampai 2011.

Data tersebut menunjukan, recall yang terjadi berdampak hingga model Honda keluaran tahun 2011. Namun, tidak tertutup kemungkinan model yang diproduksi 2012 juga terkena dampak karena menggunakan tipe inflator airbag yang sama.

Tambahan angka 4,5 juta unit membuat Honda secara total sudah melakukan penarikan massal terhadap 24 juta unit mobilnya yang ada di seluruh dunia. Angka massif tersebut disebabkan oleh satu masalah saja, yakni airbag. Ditengarai, bila airbag mengembang serpihannya bisa melukai pengemudi atau penumpang.

Sampi saat ini, laporan terakhir belum ada informasi lanjutan mengenai korban jiwa akibat masalah tersebut. Hanya pada kasus pertama dinyatakan ada delapan orang tewas karena masalah ini dan 130 orang mengalami cedera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com