Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Pilih Oli Mesin untuk Mobil Hybrid

Kompas.com - 24/09/2024, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sama-sama menggunakan mesin konvensional, namun bagi pemilik mobil hybrid tak boleh asal memilih oli. Hal ini karena adanya proses mekanis yang berbeda.

Mobil hybrid terdiri dari mesin bensin dengan motor listrik. Ketika baru dinyalakan, motor listrik yang aktif lebih dulu, kemudian mesin baru menyala saat kendaraan sudah jalan atau ketika baterai sudah melemah.

Osmar Wijaya, pemilik Sunda Motor Express mengatakan, mesin mobil hybrid membutuhkan spesifikasi oli yang berbeda dari mobil konvensional.

"Kalau mesin hybrid butuh viskositas yang lebih encer, lebih tipis, karena kerja mesinnya tidak terlalu berat lagi," ujar Osmar, dalam keterangan resminya, Senin (23/9/2024).

Baca juga: Dampak Sering Gonta-ganti Merek Oli pada Mesin Motor

Oli mesin hybridSunda Motor Oli mesin hybrid

Penggunaan oli lebih encer dengan tujuan agar dapat memberikan pelumasan maksimal hingga ke sela-sela yang paling sempit di mesin. Untuk mengetahui viskositasnya, pemilik mobil hybrid bisa dilihat dari kode "W" yang tertera pada setiap produk pelumas.

"Biasanya 0W, kalau yang paling kental mungkin 5W. Ada biasanya 0w-20 bahkan 0W-16. Daya pelumasan yang cepat dan mampu menjangkau bagian tersempit membuat viskositas yang dibutuhkan rendah," kata Osmar.

Pemilik mobil yang sedang mencari oli berkualitas, khususnya di Bandung, Jawa Barat, bisa menyambangi gerai Sunda Motor Express yang merupakan cabang dari Sunda Motor Bandung di Komplek Mekarwangi dengan konsep supermarket oli dan kompon lain.

Konsumen yang membutuhkan perawatan seperti penggantian oli, kuras oli transmisi matik, pembersihan injector, purging diesel juga dapat dilayani.

"Lokasi parkir kami bisa memuat 5-8 mobil yang bisa dikerjakan bersamaan, prosesnya singkat alias express. Misal penggantian oli hanya butuh waktu 15 menit saja, pekerjaan injector cleaner sekitar 1 jam," ucap Osmar.

Baca juga: Simulator Lamborghini Super Trofeo Pertama di Asia Tenggara Hadir di Jakarta

Sunda Motor ExpressSunda Motor Sunda Motor Express

Selama masa pembukaan, gerai ini memberikan promo menarik. Dari potongan harga untuk tune up mobil diesel, mobil matik, gratis jasa ganti oli, sampai purging mesin diesel cuma-cuma yang berlaku sampai minggu ketiga Oktober 2024.

Untuk memberikan pengalaman lebih lengkap, ke depan Osmar akan menghadirkan fasilitas pengisian daya mobil listrik dengan menggandeng Pertamina serta PLN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau