Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jakarta Minta Polda Metro Gencarkan ETLE di Jalur Transjakarta

Kompas.com - 14/09/2024, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meminta Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya untuk menerapkan tilang elektronik ataupun Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalur Transjakarta.

Pasalnya, dikatakan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat ini masih banyak pengendara yang mengabaikan keamanan berkendara untuk melintas di jalur khusus tersebut.

Baca juga: Mau Dibatasi, Ini Golongan yang Dilarang Pakai BBM Bersubsidi

Pengendara melintasi busway atau jalur transjakarta di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (13/11/2023) pagi. KOMPAS.com/ZINTAN PRIHATINI Pengendara melintasi busway atau jalur transjakarta di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (13/11/2023) pagi.

"Kami sebenarnya dari Dishub bersama-sama sudah sempat melakukan pengawasan. Tapi dengan aturan yang baru, sterilisasi diserahkan kepada pihak TransJakarta yang berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro," kata dia dalam acara daring yang diselenggarakan BPKD DKI Jakarta, Kamis (13/9/2024).

"Ke depan, kami akan lakukan koordinasi lebih lanjut sehingga sterilisasi untuk busway bisa lebih kami optimalkan," lanjut Syafrin.

"Kami juga sudah meminta pihak Polda Metro Jaya untuk memasang ETLE di beberapa titik yang sekiranya ada pelanggaran masuk ke jalur Transjakarta," kata dia lagi.

Sehingga nanti tidak heran di beberapa kejadian banyak masyarakat yang kaget saat memperpanjang pajak (kendaraan) banyak tagihan atau denda.

Baca juga: Zeekr Mau Ikut Rakit Lokal di Indonesia?

Seorang pemotor nekat putar balik saat melihat petugas kepolisian yang berjaga di jalur busway yang ada di Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Rabu (17/5/2023). KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo Seorang pemotor nekat putar balik saat melihat petugas kepolisian yang berjaga di jalur busway yang ada di Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Rabu (17/5/2023).

Hal ini, lanjut Syafrin, bisa menjadi salah satu upaya Pemprov DKI agar jalur TransJakarta tetap steril dari kendaraan selain bus TransJakarta.

"Dinas Perhubungan terus melakukan upaya di antaranya memperbaiki rambu-rambu lalu lintas, larangan masuk dan lainnya," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau