Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MAB Mengaku Dapat Pesanan Truk Listrik buat di IKN

Kompas.com - 06/09/2024, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pertumbuhan truk listrik tidak secepat mobil dan sepeda motor listrik. Hal tersebut dapat dipahami sebab penggunaan kendaraan komersial di segmen listrik masih terbatas.

Moeldoko, Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) sekaligus Kepala Staf Kepresidenan, mengatakan, penggunaan truk listrik akan banyak di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga: Ford Everest Titanium Next Gen Punya Fitur Keamanan Canggih

Prototipe Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022). Prototipe kendaraan listrik mungil yang dijadikan kendaraan feeder ditargetkan bakal masuk jalur produksi massal di tahun depan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022). Prototipe kendaraan listrik mungil yang dijadikan kendaraan feeder ditargetkan bakal masuk jalur produksi massal di tahun depan.

Moeldoko yang merupakan pendiri Mobil Anak Bangsa (MAB) sejak 2017 menyebutkan, perusahaannya mendapat beberapa pesanan truk listrik dari pemerintah untuk digunakan jadi truk sampah di IKN.

“Aku dengar dari CEO MAB beberapa pesanan dari IKN ya untuk truk sampah, pembersih jalan, dan seterusnya. Sudah cukup banyak untuk mendukung IKN,” ujar Moeldoko di Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Mantan Panglima TNI tersebut tidak menjelaskan rinci mengenai truk listrik MAB. Namun, jika melihat jajaran model MAB saat ini, besar kemungkinan yang dimaksud ialah MAB Metropod.

Baca juga: Bahas Spek Motor Listrik eMOA, Jarak Tempuh Tembus 140 Km

Bus listrik kolaborasi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dengan Universitas Indonesia (UI) dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Bus listrik kolaborasi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dengan Universitas Indonesia (UI) dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022).

MAB Metropod ini digadang sebagai angkot listrik, tetapi bisa juga dikembangkan untuk keperluan lain seperti truk sampah. Dimensinya setara minivan dengan panjang 3.950 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 2.350 mm.

Meski truk listrik MAB bakal mengaspal di IKN tidak dengan bus listrik. Moeldoko mengatakan, sampai saat ini belum ada pesanan bus listrik MAB untuk digunakan di IKN.

“Untuk bus sepertinya belum, tapi kami siap memberikan dukungan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau