Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Spek Motor Listrik eMOA, Jarak Tempuh Tembus 140 Km

Kompas.com - 05/09/2024, 18:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Baterai Listrik Motorindo resmi merilis motor listrik eMOA E1 dan E2 buat konsumen Indonesia. eMOA E1 dijual dengan harga Rp 29,75 juta, adapun eMOA E2 dijual Rp 23,75 juta, sebelum subsidi pemerintah.

Motor listrik E1 jadi produk unggulan eMOA karena mampu mencapai jarak tempuh hingga 140 Km, dengan kecepatan rata-rata 30 Kpj.

eMOA E1 mengusung baterai model tanam berjenis LFP/LiFePO4 (Lithium Iron Phosphate) berkapasitas 72V 45Ah atau sekitar 3,2 kWh.

Baca juga: PO Rosalia Indah Tidak Mengenal Istilah Kernet

Proses produksi Motor listrik eMOA E1 dan E2 di IndonesiaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Proses produksi Motor listrik eMOA E1 dan E2 di Indonesia

Dapur pacunya ditenagai mesin 2000 W Brushless atau setara 2,68 Tk dan torsi 37 Nm. Sementara kecepatan maksimalnya 70 Kpj dan memiliki empat mode kecepatan. Adapun durasi pengecasan baterai eMOA E1 hingga penuh kurang lebih sekitar 4-5 jam.

Kemudian, fitur-fitur yang dimiliki juga semakin menunjang keseharian pengguna, di antaranya Headlight Hid Projection dengan Integrated DRL, lampu belakang dan Hazard LED (Flashing Indicator).

Hadir pula fitur Selective Reverse Mode Gear, Integrated Smart Key, serta Water Proofness IP 65 untuk motor HUB.

Baca juga: Motor Baru Yamaha Masih Harus Inreyen, Jangan Asal Geber

Tipe tertinggi ini memiliki enam pilihan warna, yakni Cream Beige, Shadow Black, Steel Grey, Maroon Red, Artic White dan Cobalt Blue.

Beranjak ke eMOA E2, skuter matik ini mampu mencapai jarak tempuh hingga 100 Km dengan rata-rata kecepatan 30 Kpj.

Baterai yang diusung berjenis LFP/LiFePO4 (Lithium Iron Phosphate) dengan kapasitas 72V 30Ah atau setara 2,1 kWh.

Baca juga: Gigi DallIgna Sebut Insiden Senggolan Bagnaia dan Alex Memalukan

Di bawah naungan PT Baterai Listrik Motorindo, sebuah merek motor listrik baru bernama eMOA meluncur ke pasaranKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Di bawah naungan PT Baterai Listrik Motorindo, sebuah merek motor listrik baru bernama eMOA meluncur ke pasaran

eMOA E2 ditenagai mesin 1200 W Brushless atau setara 1,6 Tk dan torsi 31 Nm. Kecepatan maksimalnya 60 Kpj dan memiliki empat mode kecepatan. Sedangkan durasi pengecasan baterai eMOA E2 hingga penuh yakni 4-5 jam.

Bicara soal fitur, eMOA E1 tak jauh berbeda dengan eMOA E1. Tipe yang sama-sama pakai motor HUB ini memiliki enam pilihan warna, yaitu Shadow Black, Cobalt Blue, Maroon Red, Steel Grey, Graphite Purple dan Artic White.

Direktur Utama PT Baterai Listrik Motorindo Park Jae Han, mengatakan, keunggulan dari motor listrik eMOA adalah baterai yang mampu mencapai jarak tempuh hingga 140 Km.

Baca juga: Ada Misa Akbar, Polisi Imbau Hindari Kawasan GBK sejak Pagi

Di bawah naungan PT Baterai Listrik Motorindo, sebuah merek motor listrik baru bernama eMOA meluncur ke pasaranKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Di bawah naungan PT Baterai Listrik Motorindo, sebuah merek motor listrik baru bernama eMOA meluncur ke pasaran

Sebab berdasarkan data yang diperoleh pihaknya, para pengguna roda dua seperti ojek online dalam sehari bisa menempuh jarak sampai 100 km.

"Jadi bagaimana kita provide baterai yang bisa sampai 100 Km minimum itu yang penting,” ujar Park Jae Han di Cikarang (5/9/2024).

“Misalnya driver ojol mereka kan harus jalan setiap hari dan kalau misalkan ada waktu ngecas itu kan juga buang waktu juga buat mereka jadi di sisi baterai yang kita unggulkan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau