Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Proyek Saluran Air Limbah, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta

Kompas.com - 06/09/2024, 06:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta kembali melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah jalan di Jakarta.

Hal ini dilakukan sehubungan adanya Pekerjaan Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) alias Proyek Pembangunan Saluran Air Limbah Jakarta Zona-1 Paket 3 segmen 3 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Proyek Pembangunan Saluran Air Limbah Jakarta Zona-1 Paket 3 Segmen 3 merupakan bagian dari upaya lebih besar untuk memperbaiki sistem pengelolaan air limbah di Jakarta.

Baca juga: Gigi DallIgna Sebut Insiden Senggolan Bagnaia dan Alex Memalukan

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Proyek ini mencakup pembangunan saluran utama dan jaringan distribusi yang akan membantu mengurangi masalah banjir serta meningkatkan kualitas lingkungan hidup di kota ini.

“Pekerjaan Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) Zona 1 Paket 3 segmen 3 memasuki pekerjaan konstruksi secara bertahap,” ujar Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dalam keterangan tertulis, Kamis (5/9/2024).

Seiring dengan pelaksanaan proyek ini, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta telah merancang sejumlah rekayasa lalu lintas untuk meminimalisir dampak pembangunan terhadap mobilitas masyarakat.

Baca juga: Alasan PO Rosalia Indah Tanpa Punya Bus AKAP Suite Class

Beberapa ruas jalan di area proyek akan mengalami penutupan sementara untuk memberi ruang bagi kegiatan konstruksi.

Kendaraan yang biasanya melintasi jalan-jalan ini akan dialihkan ke rute alternatif yang telah disiapkan oleh pihak berwenang.

“Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” kata Syafrin.

Baca juga: PO Juragan 99 Trans Berniat Bakal Terus Buat Rekor Baru

Ilustrasi rekayasa lalu lintas yang dilakukan Dishub Jakarta. Warga DKI Jakarta diimbau WFH 5 September 2024.Dok. Dishub DKI Ilustrasi rekayasa lalu lintas yang dilakukan Dishub Jakarta. Warga DKI Jakarta diimbau WFH 5 September 2024.

Berikut ini rekayasa lalu lintas sesuai pentahapan pekerjaan:

1) Jalan KH Moh Mansyur Pit C-18.3 Pekerjaan berada di Jalan KH Moh. Mansyur berada di sisi median, akan terjadi pengurangan badan jalan selama pekerjaan berlangsung, dilakukan pelebaran jalan di Jalan KH Moh Mansyur sisi barat dan sisi timur;

2) Jalan Tanjung Selor
• Pit C-18/5A.0 Pekerjaan berada di Jalan Tanjung Selor, akan terjadi pengurangan badan jalan selama pekerjaan berlangsung, dilakukan pelebaran jalan di sisi Timur;
• Pit C-18/5A.1 Pekerjaan berada di Jalan Tanjung Selor, akan terjadi pengurangan badan jalan selama pekerjaan berlangsung, dilakukan pelebaran jalan di sisi Timur;
• Pit C-18/5A.2 Pekerjaan berada di Jalan Tanjung Selor, akan terjadi pengurangan badan jalan selama pekerjaan berlangsung, dilakukan pelebaran jalan di sisi Timur;
• Pit C-18/5A.3 Pekerjaan berada di Jalan Tanjung Selor, akan terjadi pengurangan badan jalan selama pekerjaan berlangsung, dilakukan pelebaran jalan di sisi Timur;
• Pit C-18/5A.4 Pekerjaan berada di Jalan Tanjung Selor, akan terjadi pengurangan badan jalan selama pekerjaan berlangsung, dilakukan pelebaran jalan di sisi Timur;
• Pit C-18/5A.5 Pekerjaan berada di Jalan Tanjung Selor, akan terjadi pengurangan badan jalan selama pekerjaan berlangsung, dilakukan pelebaran jalan di sisi Timur.

Baca juga: Update Harga Motor Listrik Subsidi September 2024

Ilustrasi rekayasa lalu lintas yang dilakukan petugas DishubDok. Beritajakarta Ilustrasi rekayasa lalu lintas yang dilakukan petugas Dishub

3) Jalan Musi Pit C-18/3.3 Pekerjaan berada di Jalan Musi berada di badan jalan sisi tengah, akan terjadi pengurangan badan jalan selama pekerjaan berlangsung, dilakukan pelebaran jalan di Jalan Musi sisi Barat dan sisi Timur.

4) Jalan Siantar
• Pit C-18/6.0 Pekerjaan berada di Jalan Siantar sisi Utara, akan terjadi pengurangan badan jalan, dilakukan pelebaran jalan di sisi selatan.
• Selama pekerjaan berlangsung lalu lintas yang semula dua arah akan menjadi satu arah ke arah Timur, dari Jalan Tanjung Selor yang akan menuju Jalan Musi dialihkan melalui Jalan Belawan dan Jalan Tanah Abang II.

5) Jalan KH Moh Mansyur Pit C-20.0 Pekerjaan berada di Jalan KH Moh Mansyur berada di sisi median, akan terjadi pengurangan badan jalan selama pekerjaan berlangsung di Jalan KH Moh Mansyur sisi Barat dan sisi Timur, dilakukan pelebaran jalan.

Baca juga: Tanda-tanda CVT Motor Minta Segera Diservis

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau