Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa Minta Owner Manual Book saat Beli Mobil Bekas

Kompas.com - 31/08/2024, 09:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Buku panduan pemilik kendaraan atau owner manual book pasti disertakan setiap membeli mobil baru. Namun, untuk mobil bekas belum tentu buku tersebut disertakan oleh penjual.

Padahal, keberadaan buku tersebut cukup membantu pengguna kendaraan, khususnya bagi orang awam terkait informasi perawatan, pengoperasian, dan sejenisnya.

Aji Dwi Nugroho, Foreman Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, konsumen sebaiknya meminta buku panduan pemilik kendaraan saat membeli unit bekas, karena penting untuk dibaca.

Baca juga: Baca Buku Pedoman Pemilik Sebagai Bekal Perjalanan


“Buku tersebut menginformasikan catatan penting pada mobil, seperti waktu perawatan, spesifikasi olinya, selain itu juga ada kondisi tertentu membuat penggantian oli menjadi lebih dini, dan seterusnya,” ucap Aji kepada Kompas.com, Jumat (30/8/2024).

Selain perawatan, menurut Aji, buku tersebut juga memberikan informasi panduan berkendara yang benar sesuai dengan ketentuan masing-masing unit.

“Seperti bagaimana mengoperasikan tuas transmisi, mengganti ban cadangan dan sejenisnya, informasi tersebut cukup penting guna membuat mobil awet dan prima bila diikuti dengan baik dan benar,” ucap Aji.

Baca juga: Beli Mobil Baru, Baca Buku Pedoman

Ilustrasi membeli mobil bekas. dok. Shutterstock Ilustrasi membeli mobil bekas.

Aji mengatakan dengan konsumen mengetahui kapan waktunya perawatan berkala, seperti apa tanda-tanda ada masalah pada mobil dan seperti apa tindakan antisipasinya, maka diharapkan kerusakan mobil bisa diminimalisasi.

Jadi, menurut Aji, penting agar konsumen tidak lupa meminta buku panduan kepemilikan kendaraan saat membeli mobil bekas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau