Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Dharma Polimetal Mulai Jualan Motor Roda Tiga di Indonesia

Kompas.com - 29/08/2024, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CIKARANG, KOMPAS.com - PT Dharma Polimetal (DRMA) resmi memperluas cakupan bisnisnya lewat peluncuran produk kendaraan roda tiga kelas 200cc ke bawah di Tanah Air, Kamis (29/8/2024).

Presiden Direktur DRMA, Irianto Santoso menyampaikan upaya tersebut untuk mendukung para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memiliki kendaraan yang sesuai kebutuhannya.

“Kami berharap dapat mengambil segmen pasar motor roda tiga kelas di bawah 200cc dan bisa mengembangkan produk untuk menjawab kebutuhan pasar terutama untuk UMKM," kata Irianto, Kamis.

Baca juga: Wuling Luncurkan SUV Baru, Punya Varian EV dan PHEV

Kendaraan roda tiga dari DRMA, PowerAcedok.DRMA Kendaraan roda tiga dari DRMA, PowerAce

Lebih jauh, Direktur DRMA Yosaphat Panuturi Simanjuntak menjelaskan, dipilihnya kendaraan roda tiga karena terdapat peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Ia menargetkan, hingga akhir 2024 ini, penjualan produk terbarunya yang dinamakan PowerAce bisa terjual 1.300 unit secara total, yang mana 1.000 unit berasal dari versi ICE sisanya EV.

"Bisnis utama kita memang komponen yang dipasok ke berbagai produsen di Indonesia (sebagai OEM). Nah, ini merupakan satu kompetensi baru bagi kami yang memang belum dipunyai yaitu untuk mendistribusikan unit," kata Yosaphat.

"Sebenarnya kita bisa buat roda dua dan empat, tetapi konsumen kita kan rata-rata sudah bermain di sana. Jadi, istilahnya tidak sopan kalau kita ikut ke sana, oleh karena itu kita ke roda tiga. Tetapi trigger-nya tetap, kita ingin punya experience baru," lanjutnya.

Adapun produk baru yang diluncurkan tersebut yaitu PowerAce Lite dan PowerAce EV Triex. Masing-masing kendaraan dibanderol Rp 33,6 juta serta Rp 74 juta OTR Jakarta.

Baca juga: Dharma Polimetal Luncurkan Motor 3 Roda, Ada yang Bertenaga Listrik

Ilustrasi komponen otomotif dari DRMAdok.DRMA Ilustrasi komponen otomotif dari DRMA

PowerAce Lite merupakan produk motor roda tiga kapasitas 175cc yang dirancang untuk bersaing di segmen OTR 150cc. Motor ini dilengkapi dengan double cooler, extra gear, dan triple suspension, memungkinkan kendaraan untuk mengangkut beban hingga 850kg.

Adapun PowerAce TRIEX (EV), merupakan produk kendaraan listrik berbasis baterai dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang tinggi yaitu mencapai 60 persen.

Motor dilengkapi dengan fitur unggulan seperti parking sensor, auto safety lock, regeneration brake, power gardan/extra gear, dan fleet management system (GPS tracking & IoT).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau