Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Pelemparan Batu, Begini Tips Aman Saat Melintas di Jalan Tol

Kompas.com - 15/08/2024, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelemparan batu ke mobil yang ada di jalan tol kembali terjadi. Kali ini kejadiannya di ruas Tol Serpong-Cinere seksi Serpong-Pamulang pada Rabu (14/8/2024).

Korban bernama Agfi menceritakan kepada Kompas.com kronologi kejadian pelemparan batu oleh orang tak dikenal tersebut. Agfi mengatakan, saat itu dirinya sedang melintas di Tol Serpong-Cinere seksi Serpong-Pamulang melalui gerbang tol (GT) Serpong 5 sekitar pukul 21.00 WIB.

Tak berselang lama setelah tap di GT Serpong 5, tiba-tiba terdengar suara benturan yang keras dari sisi kiri mobil.

Baca juga: Efek jika Oli Gardan Skutik Tidak Diganti Secara Rutin

“Kerasnya suara benturan sampai membuat saya dan penumpang reflek menunduk. Pada saat itu mobil melaju dengan kecepatan 60 Km per jam. Mobil berisi tiga penumpang termasuk anak usia tiga tahun di car seat baris kedua,” ucap Agfi, kepada Kompas.com, Kamis (15/8/2024).

Aksi pelemparan batu di jalan toldok istimewa Aksi pelemparan batu di jalan tol

Benar saja, terlihat ada dua titik bekas benturan objek di dekat handle pintu kiri depan mobil. Di titik benturan tersebut, cat mobil terkelupas dan penyok cukup dalam. Cukup beruntung objek tidak sampai mengenai kaca mobil.

Bagi pengemudi yang melewati jalan tol dan rawan aksi pelemparan batu, diharapkan untuk selalu waspada.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengimbau para pengemudi untuk jangan selalu merasa aman terutama ketika melintas di jalan tol pada malam hari.

“Pengemudi sering merasa aman jika malam hari dan kosong jalunya, dan mengabaikan kewaspadaan. Sehingga tidak menerapkan jurus defensive driving yaitu berkendara sambil mengarahkan mata ke spot-spot yang berpotensi bahaya,” ucap Sony, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/8/2024).

Jalan layang Jalan Pesanggrahan, Kembangan, Jakarta Barat menjadi lokasi pelemparan batu yang dilakukan MR (40) terhadap pengguna jalan tol Jorr pada Senin (16/7/2018).KOMPAS.com/ RIMA WAHYUNINGRUM Jalan layang Jalan Pesanggrahan, Kembangan, Jakarta Barat menjadi lokasi pelemparan batu yang dilakukan MR (40) terhadap pengguna jalan tol Jorr pada Senin (16/7/2018).

Sony melanjutkan, pengemudi sebaiknya jangan abai terutama ketika melewati Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang banyak kendaraan atau orang yan lalu lalang.

Baca juga: Cerita Korban Pelemparan Batu di Jalan Tol Serpong-Cinere

“Jangan abai, tetapi dilihat, sekalipun malam dan gelap tetap terlihat kok jika ada objek atau manusia yang menetap, kemudian lihat berkala gerak geriknya, kalau mencurigakan segera lihat spion dan saat kosong pindah lajur bertahap dibarengi dengan kurangi kecepatannya tetapi tetap lihat obyek diatas tersebut,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau