Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Fokus Kembangkan Motor Hidrogen, Pakai Basis Burgman

Kompas.com - 15/08/2024, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki tampak serius melanjutkan proyek motor dengan bahan bakar hidrogen. Sebelumnya di Japan Mobility Show 2023, turut dipamerkan Burgman 400 yang memakai bahan bakar tersebut.

Dikutip dari Visordown, muncul gambar paten dari Burgman dengan beberapa revisi di bagian desain. Bagian yang jadi perhatian adalah lokasi tangki buat gas hidrogen yang disesuaikan penempatannya.

Saat awal dipamerkan, Burgman Hidrogen cuma pakai satu tangki yang posisinya ada di depan mesin. Tentu penempatan tersebut membuat adanya ubahan dari bagian bodi, motor jadi lebih panjang.

Baca juga: Suzuki Recall Burgman Street 125 di India, Bagaimana di Indonesia?

Suzuki GSX-R1000R yang dipakai balap ketahanan buat mengetes komponen ramah lingkunganSUZUKI Suzuki GSX-R1000R yang dipakai balap ketahanan buat mengetes komponen ramah lingkungan

Sedangkan di paten terbaru, Burgman Hidrogen akan memakai dua tangki, satu di bawah bangku, satu lagi di depan mesin. Efeknya, motor jadi tidak berubah secara desain dan menghemat biaya, rasa berkendara pun masih nyaman.

Bicara soal motor dengan bahan bakar hidrogen, Kawasaki juga memiliki prototipenya. Terakhir, pabrikan Jepang ini sudah menampilkan motornya sedang dites jalan, bahkan diisi dengan hidrogen ke tangkinya yang sangat besar.

Baca juga: Dampak Buruk Abaikan Masalah Kesehatan Busi pada Mobil


Suzuki tidak hanya mengembangkan motor dengan bahan bakar hidrogen. Pencapaian terakhirnya dengan bahan bakar alternatif adalah dengan berhasil finis ke delapan saat balapan Suzuka 8 Hours.

Suzuki balapan pakai GSX-R1000 yang diisi dengan BBM 40 persen alami, dari Shell. Selain itu beberapa komponen seperti bodi, knalpot, sampai ban mengunakan bahan yang ramah lingkungan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau