Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Konsumsi Listrik TVS iQube, Jakarta-Bogor Cuma Rp 4.000

Kompas.com - 07/08/2024, 18:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – TVS iQube menjadi motor listrik yang layak dipakai buat harian. Selain baterainya punya jarak tempuhnya memadai, performa motor listrik ini juga tak bisa dianggap remeh.

Sengaja kami jajal motor listrik ini melewati rute harian dari kantor di Palmerah, Jakarta Pusat menuju kawasan Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, sejauh 46,4 Km berdasarkan trip meter di layar instrumen.

iQube diajak melaju dengan gaya berkendara sewajarnya, tidak pelan tapi juga tidak ngebut. Mode berkendara diganti-ganti sesuai kebutuhan dari ECO ke Power.

Baca juga: Pahami Pentingnya Flushing pada Mobil Transmisi Matik

Test ride TVS iQubeKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride TVS iQube

Saat dijajal, kondisi jalan Jakarta relatif padat dan cenderung sering macet, seperti kondisi hari-hari biasanya.

Dari Palmerah, rute yang dipilih menuju Jalan Gatot Subroto sampai Pancoran. Dari sana ambil jalan yang mengarah ke Pasar Minggu, lurus terus sampai Tanjung Barat.

Di Lenteng Agung, motor baru bisa dipacu agak kencang sekitar 60-70 Kpj. Kecepatan ini sedikit turun saat lewat Jalan Margonda yang padat saat malam hari.

Baca juga: Daftar Harga Ban Motor Agustus 2024, buat Vario 125 mulai Rp 161.000

Kemudian motor dipacu kencang lagi saat lewat Jalan Juanda Depok. Lalu masuk Jalan Raya Bogor, hingga sampai Cibinong. Dan berakhir di sekitar Jalan Alternatif Sentul.

Hasilnya, baterai motor listrik sanggup melewati rute tersebut dengan baik. Baterai berkapasitas 3,04 kWh miliknya bahkan masih tersisa 29 persen dari kondisi penuh.

Kondisi ini bikin pengendara bebas dari rasa khawatir kehabisan baterai di jalan. Berdasarkan catatan MID, konsumsi rata-rata paling irit sekitar 25,8 Wh per Km, paling boros mencapai 35,0 Wh per Km.

Baca juga: Tanggapan Toyota Soal Pemerintah Batal Berikan Insentif Mobil Hybrid

Layar tampilan spidometer TVS iQubeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Layar tampilan spidometer TVS iQube

Usai dipakai sejauh 46,4 Km berdasarkan trip meter di layar instrumen, motor dengan mudah dapat dicas menggunakan charger bawaan yang menyedot daya sekitar 650 watt.

Waktu pengecasan memakan waktu sekitar 4,5 jam untuk 0-80 persen. Kalau sudah sampai 100 persen, maka sistem bakal cut off otomatis.

Lantas, berapa biaya perjalanan Jakarta-Bogor menggunakan TVS iQube? Dengan tarif listrik rumahan sebesar Rp 1.444 per kWh, maka total biaya isi baterai (3,04 kWh) hanya memakan biaya sekitar Rp 4.389.

Dengan biaya tersebut, kondisi baterai juga masih tersisa sekitar 29 persen, atau bisa menempuh jarak 31 Km (dalam mode ECO) lagi berdasarkan perhitungan layar instrumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau