Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respon BYD Soal Inden Mobil 75 Hari atau Diler Bayar Rp 10 Juta

Kompas.com - 21/07/2024, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - BYD Indonesia turut meramaikan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Produsen otomotif asal China itu juga memanfaatkan ajang pameran tersebut untuk meluncurkan MPV listrik pertamanya yakni M6, yang dibanderol dengan harga mulai Rp 379 juta.

Bagi yang berminat, BYD sudah membuka pemesanan di GIIAS 2024. Berdasarkan klaim dari pihak BYD Indonesia, jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) BYD M6 pada hari ketiga pameran digelar sudah mencapai ratusan unit.

Baca juga: Komparasi BAIC X 55-II dan Chery Omoda 5 GT, Mana yang Lebih Bertenaga?

Ini tentu memunculkan potensi masa tunggu (inden) kendaraan yang cukup lama. Seperti tiga kendaraan BYD lainnya yakni Dolphin, Atto dan Seal, yang sudah lebih dulu dijual di Tanah Air.

Namun, baru-baru ini salah satu diler BYD memastikan bahwa masa tunggu kendaraan hanya 75 hari usai dilakukan pemesanan.

Pada postingan yang beredar di media sosial, pihak diler BYD menggaransi kepada konsumen jika unit sampai melebihi batas waktu tunggu maka akan diberikan kompensasi sebesar Rp 10 juta. Namun, dalam unggahan tersebut tidak dijelaskan unit dan model BYD apa yang dibeli oleh konsumen BYD.

konsumen di booth BYDKompas.com/FATHAN konsumen di booth BYD

“Kompensasi 10 jt jika promis meleset (75 hari/kalender) BYD APP (di-sus APK) 11 Oktober 2024 delivery,” seperti yang diunggah akun media sosial Instagram B Channel (B_Channel_Indonesia).

Ketika dikonfirmasi, Head of Marketing Communication PT BYD Motor Indonesia Luther T Panjaitan mengatakan, mekanisme tersebut sebetulnya tergantung pada diler BYD, bukan pada perseroan.

“Sebetulnya mekanisme itu bukan dari kita, tapi di level penjualan. Dari sisi retail, adalah suatu kepercayaan diri kepada customer, mereka cukup belajar dan lebih yakin pada fase yang sekarang. Jadi itu lebih baik statement resmi keluar dari diler,” kata Luther, kepada Kompas.com, di ICE BSD, Tangerang, Minggu (21/7/2024).

Baca juga: Respons Toyota Soal Mobil Harus Pakai Asuransi TPL Tahun Depan

“Jadi saya tidak bilang itu benar atau salah. Tetapi itu menunjukan kepercayaan level diler dan kepercayaan diri customer,” lanjutnya.

Luther mengaku tidak bisa memastikan kapan unit delivery BYD bisa sampai ke konsumen, sebab hal tersebut tergantung dengan permintaan dan suplai.

“Perpaduan antara demand dan suplai belum bisa kita asumsikan sampai kita ketemu berapa. Jadi lebih bagus kita pelajari dulu pemesanannya, sambil kita ancang-ancang secara produksi dan suplai supaya bisa terpenuhi dengan baik,” kata Luther.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau