Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual Rp 1,3 Miliar, Ini Spesifikasi Volkaswagen ID. Buzz

Kompas.com - 21/07/2024, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - New ID. Buzz atau VW Combi listrik berada di atas platform Modular Electric Drive Matrix (MEB) milik Volkswagen Group secara resmi diluncurkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Rabu (17/7/2024).

The All-Electric ID. Buzz dibanderol Rp 1.300.000.000 (on the road Jakarta) untuk versi normal wheelbase dan tersedia dalam berbagai warna dengan nuansa two-tone.

Platform MEB pada The All-Electric ID. Buzz terdiri dari motor listrik (permanent-magnet synchronous motor - PSM), unit kendali elektronik (ECU), transmisi otomatis single-gear, dua belas modul baterai lithium-ion bertegangan tinggi yang tersusun secara efisien di bagian lantai kendaraan.

Baca juga: VW Combi Listrik Meluncur di GIIAS 2024, Dijual Rp 1,3 Miliar


Beberapa komponen tambahan terintegrasi di bagian depan kendaraan. Sementara baterai pada The All-Electric ID. Buzz memiliki kapasitas bersih sebesar 79 kWh.

Motor listrik pada The All-Electric ID. Buzz Buzz terhubung dengan penggerak roda belakang dan menghasilkan tenaga 210 PS setara 207,1 Tk serta torsi puncak 560 Nm tersedia mulai dari kendaraan bergerak.

Untuk berakselerasi 0 – 100 Kpj, The All-Electric ID. Buzz menempuhnya hanya dalam 7,6 detik, dan kecepatan puncaknya dibatasi pada 160 KPj.

Baca juga: Video Viral VW Golf Mangkrak Sampai Berdebu di Parkiran Mal

The All-Electric ID. BuzzKOMPAS.com / Erwin The All-Electric ID. Buzz

Berdasarkan hasil tes WLTP jarak tempuh yang dapat diraih The All-Electric ID. Buzz dalam kondisi baterai penuh mencapai 430 Km. Di Jerman, raihan efisiensi mobil ini diklasifikasikan di kelas A+++.

Untuk mengisi penuh (0 – 100%) baterai lithium-ion bertegangan tinggi yang ada pada The All-Electric ID. Buzz dengan charging box berkapasitas 11 kW, dibutuhkan waktu 7 jam 30 menit.

Sementara jika menggunakan fast charging station DC 170 kW, untuk mengisi baterai dari 5% hingga 80% hanya dibutuhkan waktu 30 menit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau