Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Honda Tak Bawa HR-V Hybrid Justru Step WGN

Kompas.com - 20/07/2024, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Honda memastikan bakal meluncurkan mobil listrik Honda e:N1 pada 2025. Mobil “HR-V listrik” itu akan hadir paling cepat pada kuartal satu atau paling tidak pada semester satu tahun depan.

Pertanyaan muncul kenapa pabrikan asal Jepang itu tidak membawa HR-V e:HEV alias HR-V hybrid. Padahal seperti diketahui saat ini Honda lebih tertarik dengan teknologi hybrid sebagai jembatan ke mobil listrik.

Baca juga: Daihatsu Sebut Penurunan Penjualan di Luar Prediksi

Sebaliknya Honda justru memperkenalkan Step WGN Hybrid di GIIAS 2024 yang bermain di segmen medium MPV. Itu pun belum meluncur, Honda sedang melihat respon pasar sebelum memutuskan membawanya ke Indonesia.

Honda HR-VHPM Honda HR-V

Marketing and After Sales Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan, Honda punya peta jalan (road map) mengenai elektrifikasi yang dilakukan secara bertahap, yaitu edukasi, pengenalan dan ekspansi.

Saat ini untuk mobil hybrid sudah berada di tahap introduction atau pengenalan. Sedangkan untuk mobil listrik baru akan masuk tahap pengenalan setelah melewati tahap edukasi.

Baca juga: Spesifikasi Wuling Binguo EV Special Edition, Jarak Tempuh 410 Km

“Pengenalan dan ekspansi itu beda. Tentunya kalau untuk ekspansi ialah model yang cocok ya, yang permintaannya bagus untuk diproduksi massal karena investasi besar. Jadi tentunya harus mencapai skala ekonomi yang permintaannya besar,” ujar Billy di Tangerang, Kamis (18/7/2024).

Honda Step WGNKompas.com/Aris Honda Step WGN

Baca juga: Pabrikan Otomotif Diminta Tidak Naikkan Harga Jual, Ini Kata Suzuki

“Itu saja kisi-kisinya ya, jadi saatnya kapan nanti tunggu saja,” ujar Billy.

Sebelumnya Honda sudah mengeluarkan dua model hybrid yaitu CR-V Hybrid dan Accord Hybrid. Jika nanti pengenalan Step WGN berjalan baik, maka pesaing Nissan Serena Hybrid itu akan jadi model ketiga di Indonesia.

Meski tidak dijelaskan secara rinci Honda tampak ingin mengisi tiap segmen terlebih dahulu. Pertama CR-V hybrid di segmen SUV, kemudian Accord Hybrid di segmen sedan, dan nantinya Step WGN di segmen MPV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau