Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karoseri Laksana Luncurkan Sleeper Bus Pakai Sasis Mesin Depan

Kompas.com - 20/07/2024, 07:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Berbagai pihak yang meramaikan GIIAS 2024 sedang menenyiapkin diri, termasuk di Karoseri Laksana.

Pada GIIAS tahun ini Karoseri Laksana meluncurkan beberapa bus baru yang unik, termasuk slepeer  bus pertama di Indonesia yang pakai sasis mesin depan. 

Stefan Arman, Technical Director CV Laksana mengatakan, ini merupakan inovasi dari karoseri agar para pemilik PO bisa membeli sleeper bus namun dengan harga yang lebih miring. 

"Saat membeli sasis bus mesin depan tententunya akan lebih murah dari sasis mesin belakang. Dengan desain ini membuat sasis bus mesin depan yang biasanya dianggap sebagai bus ekonomi jadi naik kelas," kata Stefan kepada Kompas.com, Jumat (19/7/2024). 

Baca juga: Baru Sehari, 40 Unit Hyundai Ioniq 5 N Sudah Dipesan

Kabin sleeper bus buatan Karoseri Laksana pakai bodi Legacy SR3 Neo Fe Suites ClassKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kabin sleeper bus buatan Karoseri Laksana pakai bodi Legacy SR3 Neo Fe Suites Class

Secara spesifikasi, sleeper bus ini menggunakan balutan bodi Legacy SR3 Neo FE Suites Class.  Area kabin menggunakan kursi sleeper model 1-1 yang dibuat secara dua tumpuk. 

Lantaran menggunakan sasis mesin depan, maka area depan sekat pintu masuk terdapat undakan yang lebih tinggi sebagai tempat menyimpan mesin. 

Baca juga: Pabrikan Otomotif Diminta Tidak Naikkan Harga Jual, Ini Kata Suzuki

Bagasi bus baru buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bagasi bus baru buatan Karoseri Laksana

Kemudian, area ruang kru bus dan kursi penumpang dipisahkan oleh sekat kaca. Pada area paling belakang terdapat kandang macan dan juga toilet. 

Adapun sasis yang digunakan adalah Mercedes-benz OF1623 AS yang merupakan jenis mesin depan. Lantaran jenis sasis yang digunakan punya kekuatan mesin depan, maka bus ini punya keunggulan area bagasi belakang yang luas. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau