Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Terbaru Soal Pembangunan Pabrik Mazda di Indonesia

Kompas.com - 19/07/2024, 06:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Eurokars Motor Indonesia(EMI) selaku distributor Mazda di Tanah Air diketahui sedang membangun pabrik mobil di Tanah Air.

Pusat perakitan Mazda di Indonesia rencananya berlokasi di Jawa Barat, namun informasi lebih rinci mengenai pusat perakitan Mazda di Indonesia saat ini masih rahasia.

Pabrikan asal Jepang itu hanya memastikan bahwa salah satu unit yang akan diproduksi di fasilitas merek Mazda adalah mobil yang bermain di segmen sport utility vehicle (SUV) kompak.

Baca juga: Dijual Rp 425 Juta, Ini Spesifikasi Lengkap Kia Seltos Terbaru

PT EMI memperkirakan compact crossover akan menjadi kategori segmen utama yang diproduksi di fasilitas ini, mengingat kategori segmen ini paling banyak digemari konsumen Indonesia.

Ricky Thio, Chief Operating Officer Mazda Indonesia mengatakan, untuk membangun pabrik Mazda di Indonesia membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang.

Mazda CX-60 ProKompas.com/Nanda Mazda CX-60 Pro

“Kemarin Mei kita lagi bangun (pabrik). Kita bukan sekadar menjahit tapi bikin pusat assembly-nya. Makanya fasilitas infrastrukturnya ini butuh proses yang panjang. Dan nantinya tempat ini hanya merakit mobil Mazda saja, ini sebagai bentuk keseriusan kami,” kata Ricky, saat ditemui di Tangerang, Rabu (17/7/2024).

Ricky turut mengungkapkan alasan mengapa pihaknya memilih kendaraan di segmen SUV ringkas untuk diproduksi di pabrik Mazda Indonesia.

Baca juga: Alasan Mitsubishi Tak Bawa Triton Varian Tertinggi

“Mazda global fokusnya ke SUV, karena kita tidak punya MPV. (Mobil) Sedan juga market agak turun secara global, sedangkan rata-rata masyarakat Indonesia kelasnya di compact SUV. Makanya kita bangun disitu,” kata Ricky.

Sebagai informasi, PT EMI memberikan investasi sekitar Rp 400 miliar untuk mempersiapkan pabrik Mazda secara keseluruhan. Sayangnya, Ricky masih enggan membocorkan kapan pabrik Mazda Indonesia selesai di bangun, serta fasilitas apa saja yang akan disediakan.

“Itu belum bisa kita sampaikan,” ucap Ricky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau