Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mini Generasi Terbaru Resmi Meluncur di GIIAS 2024

Kompas.com - 19/07/2024, 07:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mini Indonesia menjadi salah satu produsen roda empat yang kembali berpartisipasi dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, yang digelar di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Bertempat di dalam BMW Group Pavilion, merek premium asal Inggris ini menghadirkan Mini New Generation di Tanah Air.

Generasi kelima Mini 3 Door ini hadir dalam dua model yakni Mini Cooper S dan Mini Cooper SE yang tersedia dalam varian mesin pembakaran (Internal Combustion Engine/ICE) dan full listrik (Battery Electric Vehicle/BEV). Selain itu, Mini juga turut menghadirkan Countryman ALL4.

Baca juga: Dijual Rp 425 Juta, Ini Spesifikasi Lengkap Kia Seltos Terbaru

“Hari ini, kami rayakan babak baru dengan meluncurkan Mini New Generation, yang tampilkan Mini Cooper dan Mini Countryman yang telah sangat dinantikan, tersedia dalam mesin konvensional dan full-electric,” ucap Florian Kuenstner, Vice President MINI Region Asia-Pacific, Eastern Europe, Middle East, Africa, Rabu (17/7/2024).

Mini New GenerationMini Indonesia Mini New Generation

Sebagai kendaraan listrik sepenuhnya, Mini baru tersedia dalam varian Cooper SE, yang tawarkan output dan jangkauan jarak lebih jauh.

Secara tampilan, lampu depan bundar klasik dan gril oktagonal yang mencolok mendominasi bagian depan, sekaligus menjadi ciri khas dari Mini. Bagian samping terlihat minimalis dengan side sills hitam yang secara visual membuat mobil ini lebih terlihat dekat ke aspal.

Dengan output 218 hp, Mini Cooper SE melaju dari 0 hingga 100 Km per jam dalam 6,7 detik dengan torsi maksimum 330 Nm. Jarak tempuh maksimum hingga 402 kilometer untuk Mini Cooper SE (WLTP).

Sementara untuk versi mesin bensin, Mini Cooper S hasilkan output maksimum hingga 201 hp dan torsi 300 Nm. Sementara untuk akselerasi dari 0-100 Km per jam dapat dicapai dalam 6,6 detik.

Adapun untuk pengisian cepat dengan arus langsung hingga 95 kW memungkinkan baterai diisi dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam 30 menit.

Untuk Mini Countryman, dibekali desain khas yang estetis. Pada bagian depan, didominasi dengan gril oktagonal baru dengan kap mesin yang elegan namun sederhana. Lampu depan LED dipadukan dengan overhang pendek serta garis tipis membuat tampilannya semakin menarik.

Mini CountrymanMini Indonesia Mini Countryman

Dengan output 313 hp, motor listrik dari penggerak semua roda Mini Countryman SE ALL4 hasilkan torsi gabungan hingga 494 Nm. Mobil ini mampu mencapai akselerasi 0-100 Km jam dalam 5,6 detik. Jarak tempuh maksimum 433 kilometer untuk Mini Countryman SE ALL4 (WLTP).

Mini juga menghadirkan versi performa tinggi dari Countryman, yakni JCW Countryman ALL4. Penampilan eksteriornya ditunjang dengan trim JCW yang menonjolkan karakter yang lebih sporty, ditunjang dengan grille surround Black dan pelek 20 inci JCW Flag Spoke 2-Tone.

Varian ini bisa menghasilkan tenaga hingga 312 hp dan torsi maksimum 400 Nm. Akselerasi dari 0-100 km per jam dapat dicapai dalam 5,4 detik saja.

Baca juga: Alasan Mitsubishi Tak Bawa Triton Varian Tertinggi

Berikut daftar harga Mini New Generation :

MINI Cooper S Rp 1,092,000,000,-

MINI Cooper SE Rp 1,076,000,000,-

MINI JCW Countryman S ALL4 Rp 1,548,000,000,-

MINI Countryman SE ALL4Rp 1,400,000,000,-

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau