Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Beroperasi Penuh, Ini Fakta Menarik Jalan Tol Cimanggis-Cibitung

Kompas.com - 13/07/2024, 16:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol Cimanggis-Cibitung kini telah tersambung dan beroperasi penuh dengan total panjang 26,18 kilometer (km).

Peresmian dilakukan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin, di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa (9/7/2024).

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf Amin menjelaskan, dengan keberadaan jalan tol yang menjadi bagian dari JORR 2 tersebut, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan memangkas waktu tempuh.

"Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh dari Bogor ke Bekasi menjadi hanya 30-45 menit yang sebelumnya 1-2 jam jika lewat jalan arteri," kata dia, dalam keterangan resminya beberapa hari lalu.

Baca juga: Cara Mudah Urus STNK yang Sudah Mati di Samsat

Jalan tol yang menjadi akses baru ini memiliki beberapa fakta menarik, yakni :

Dua seksi

Jalan tol ini terdiri dari 2 seksi yaitu Seksi 1 Ruas Junction Cimanggis–Jatikarya sepanjang 3,17 Km, Seksi 2A Ruas Jatikarya–Cikeas sepanjang 3,36 Km, dan Seksi 2B Interchange Cikeas-Cibitung sepanjang 19,65 km yang baru saja diresmikan serta menjadi seksi terakhir pada ruas tol tersebut.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung terhubung langsung dengan Jalan Tol Trans-Jawa ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (eksisting) serta terhubung ke Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi).

Bagian JORR 2

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 diantaranya Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, dan Cibitung-Cilincing.

Baca juga: Mengenal Fungsi Micron Air Filtration pada Mitsubishi Xpander

Tarif

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai Junction Cibitung dijadwalkan beroperasi tanpa tarif mulai 10 Juli 2024 pukul 06.00 WIB. Penyesuaian transaksi dilakukan dari sistem terbuka di Gerbang Tol Jatikarya Utama menjadi sistem tertutup terintegrasi dengan Ruas Tol Cibitung-Cilincing.

Pembangunan jalan Tol Cimanggis-Cibitung telah rampung dan akhirnya diresmikan oleh Wakil Presiden K.H Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.Dok. Kementerian PUPR Pembangunan jalan Tol Cimanggis-Cibitung telah rampung dan akhirnya diresmikan oleh Wakil Presiden K.H Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Dengan demikian, transaksi di Gerbang Tol Jatikarya Utama arah Cibitung dikenakan tarif Segmen Cimanggis–Jatikarya (Golongan I Rp 5.500) dan untuk tarif Jatikarya-Nagrak akan dikenakan di Gerbang Tol Tujuan (Golongan I Rp 8.000).

Bekasi - Bogor

Mengutip dari siaran resmi Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), kehadiran Tol Cimanggis-CIbitung memberikan kelancaran arus pendistribusian logistik dan terhubung dengan kawasan industri di wilayah Bogor dan Bekasi.

Selain itu juga memangkas waktu tempuh berkendara dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng menuju ke beberapa wilayah yang terkoneksi dengan tol ini, diantaranya :

a. Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng–JC Cimanggis 51 Km (1 Jam)
b. Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng–JC Cibitung 77 Km (1 Jam 15 Menit)
c. Jalan Tol Jagorawi–Jalan Tol Jakarta-Cikampek (dan sebaliknya) 26 Km (15 Menit)

Baca juga: Hyundai Mulai Kirim All New Kona Electric di GIIAS 2024

Ruas Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun (SS) Cikeas-Junction Cibitung sepanjang 19,65 km.Tangkap Layar Instagram PT Cimanggis Cibitung Tollways Ruas Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun (SS) Cikeas-Junction Cibitung sepanjang 19,65 km.

Melalui Jalan Tol Cimanggis-Cibitung semakin melengkapi struktur jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek, yakni lingkar dalam kota dan JORR I, serta semakin menambah kapasitas jalan yang melintasi empat wilayah yaitu, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau