Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asia Tengah Banjir, MotoGP Kazakhstan Ditunda

Kompas.com - 05/05/2024, 11:53 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Kazakhstan yang rencananya berlangsung pada 14-16 Juni 2024 ditunda akibat banjir. Para petinggi MotoGP sedang berdiskusi untuk memindahkan jadwal balapan ke akhir tahun.

Dalam pernyataan resmi, FIM, IRTA dan Dorna Sports mengumumkan bahwa Grand Prix Kazakhstan musim 2024 akan ditunda pada akhir tahun sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga: Periklindo Dukung UMKM Kembangkan Produk

Dikutip dari Crash, Minggu (5/5/2024), Dorna Sport tidak ingin pemerintah Kazakhstan harus menyiapkan balapan di tengah bencana banjir yang melanda Asia Tengah tersebut.

Sokol International Racetrack atau Sirkuit Sokol akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP Kazakhstan mulai 2023Dok. Crash.net Sokol International Racetrack atau Sirkuit Sokol akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP Kazakhstan mulai 2023

Rencana penyelenggaraan MotoGP Kazakhstan terbilang alot. Tahun lalu Kazakhstan seharusnya jadi tuan rumah pada 9 Juli 2023, namun gagal sebab sirkuit Sokol International Racetrack belum homologasi.

Keluarnya Kazakhstan pada kalender 2023 membuat jumlah seri tahun lalu menjadi 20 seri dari semula 21 seri, sehingga membuat persaingan para pebalap bakal lebih ketat karena poin di Kazakhstan tidak dihitung.

Berikut petikan pernyataan resmi Dorna Sport:

“Kondisi cuaca yang belum pernah terjadi sebelumnya telah menyebabkan banjir di seluruh Asia Tengah, menyebabkan keadaan darurat nasional di Kazakhstan dan membuat sebagian besar penduduk mengungsi," tulis MotoGP

Baca juga: Marc Marquez Akui Sudah Punya Keputusan Soal Kontrak Musim Depan

Aleix Espargaro dan Johann Zarco saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024Dok. @aleixespargaro Aleix Espargaro dan Johann Zarco saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024

"MotoGP tidak bertanggung jawab untuk menambah beban pada pihak berwenang atau layanan saat mereka berupaya membantu puluhan ribu orang yang terkena dampak di seluruh negeri," tulis pernyataan.

“Oleh karena itu, Arena Balap Internasional Sokol tidak akan menjadi tuan rumah MotoGP pada tanggal yang diumumkan sebelumnya, dan pembaruan lebih lanjut akan dipublikasikan setelah dikonfirmasi," tulis MotoGP.

“Sebagai prioritas utama kami, MotoGP menyampaikan belasungkawa dan dukungan kami kepada masyarakat Kazakhstan dan semua yang terkena dampak banjir di Asia Tengah. Kami berharap negara, wilayah, dan komunitas yang terkena dampak dapat pulih secepatnya.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com