Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Truk Jalan Sendiri di Tol Cipularang hingga Terguling

Kompas.com - 28/06/2024, 06:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini viral di media sosial video yang memperlihatkan truk berjalan sendiri di ruas Tol Cipularang. Momen tersebut dibagikan oleh sejumlah akun sosial media, salah satunya Instagram @lowslowmotif.

Video tersebut direkam oleh seorang pria dari dalam truk yang juga sedang melintas di jalur tersebut. Pria itu kemudian memberi tumpangan kepada sopir truk untuk menghampiri kendaraannya yang berjalan sendiri.

“Awas Pak! Jigana mudun yeuh mobil, bakal mundur eta nanjak (sepertinya akan mundur itu mobil, karena jalan menanjak),” ucap perekam video tersebut.

“Hirup sorangan asup gigi na (menyala sendiri, masuk giginya),” kata sopir truk tersebut.

Baca juga: Apa yang Terjadi Saat Fitur YECVT Nmax Turbo Rusak?

Unggahan itu pun mendapat berbagai komentar dari warganet, tak sedikit dari mereka yang menebak bahwa peristiwa itu terjadi karena diesel runaway.

“Sepertinya diesel runaway, karena si mamang nya bilang te bisa di pareuman, mencoba masukin gigi karena panik ga mati2 juga malah maju terus akhirnya si mamang panik dan turun sehingga truck melaju sendiri meski di tanjakan .. CMIIW,” tulis komentar @mat_1kr.

“Diesel runway itu, kasihan bener si bapaknya euy tapi untungnya bisa berhenti Pak. Kadang suka ngeloss aja,” tulis akun @yelloweyes_frog.

“Runaway sepertinya. Kasiannya Yaa Allaah. Semoga dilancarkan dan diberikan keselamatan selalu untuk Bapak Supir sekeluarga,” tulis komentar bagi2nasigratis.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lowslowmotif (@lowslowmotif)

Menanggapi hal ini, Sudaryanto GM Business Communication PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), mengatakan, untuk mengetahui penyebab insiden tersebut perlu dilakukan investigasi lebih lanjut. Namun, menurut Sudaryanto, video tersebut bisa jadi bukan disebabkan oleh diesel runway.

“Sebab, mesin truk bisa dimatikan melalui kunci kontak, di mana dalam video itu sopir terlihat memutar kunci kontak,” ucap Sudaryanto, kepada Kompas.com, Kamis (27/6/2024).

Sudaryanto menjelaskan, diesel runaway merupakan kondisi ketika mesin terus menyala dan berada di putaran tinggi meskipun kunci kontak sudah pada posisi off.

“Artinya, ketika terjadi diesel runaway, mesin mobil tidak mau mati, meski kunci sudah dicabut sekalipun, mesin tidak bisa dimatikan melalui kunci kontak,” kata Sudaryanto.

Sudaryanto juga menjelaskan mengapa truk tersebut mengeluarkan asap putih dalam usai mobil terguling. Hal ini lantaran posisi mobil miring, oli mesin masuk ke ruang bakar karena mobil yang masih menyala.

Baca juga: Bahaya Berkendara dengan Muatan Berlebih

“Kami tidak bisa memberikan jawaban yang valid karena informasi di dalam video tidak lengkap.Kita perlu melakukan cek atau investigasi kendaraan dan kejadian yang sebenarnya terjadi dari awal,” ujar Sudaryanto

“Melihat posisi driver yang telah berada diluar kendaraan kita perlu mendapatkan kronologi yang lengkap sejak awal mula kejadian sehingga kita bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan benar serta melihat fungsi-fungsi parts kendaraan untuk menentukan penyebab kejadian tersebut,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com