Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Interior BYD Atto 3 dengan Aion Y Plus, Siapa yang Paling Canggih?

Kompas.com - 24/06/2024, 16:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi pendatang pada segmen crossover SUV listrik berbasis baterai yang ditawarkan dengan banderol Rp 400 jutaan, BYD Atto 3 dan GAC Aion Y Plus menjadi pilihan menarik bagi masyarakat Indonesia.

Apalagi, keduanya menyajikan berbagai hal menarik selaku mobil perkotaan berkapasitas 5-penumpang.

Meski begitu baik Atto 3 dan Aion Y Plus memiliki banyak aspek berbeda. Tak terkecuali pada sisi interior yang menunjang kenyamanan berkendara sehari-hari.

Baca juga: Hati-hati Modus Motor Mogok, Minta Stut tapi Motor Dibawa Kabur

BYD Atto 3 Foto: BYD BYD Atto 3

Pertama, dimulai dengan luasan interior Atto 3 yang memiliki total dimensi panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1.615 mm, serta wheelbase 2.720 mm.

Dengan luas tersebut, mobil menyajikan kelapangan ruang kabin yang cukup mumpuni bagi pengendara dan seluruh penumpangnya.

Saat duduk di baris ke-2, ruang kaki masih terbilang lapang dengan selisih tiga jari ketika kursi pengemudi sudah disesuaikan.

Sementara Aion Y Plus yang memiliki panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.650 mm, dan wheelbase 2.750 mm memiliki ruang sedikit lebih lebar. Pada tinggi 171 cm, ruang kaki di baris kedua bisa mencapai lima jari dalam kondisi serupa.

Namun pada sisi desain, penumpang akan disuguhi banyak 'gimmick' pada Atto 3. Hal ini senada dengan visi perusahaan yang ingin membuat suasana kabin out of the box.

Baca juga: Komparasi Tampilan Aion Y Plus dan BYD Atto 3

Interior mobil listrik BYD Atto 3 dan Dolphin punya desain yang cukup unik. Boks di area pintu bagian dalam yang biasanya memakai material kokoh ini memakai tiga buah senar gitar. KOMPAS.com/Gilang Interior mobil listrik BYD Atto 3 dan Dolphin punya desain yang cukup unik. Boks di area pintu bagian dalam yang biasanya memakai material kokoh ini memakai tiga buah senar gitar.

Keunikan pertama ialah handel pintu yang tak biasa. Untuk buka tutup pintu dari dalam bukan pakai tuas yang ditarik. Bentuk handelnya unik, dan menariknya juga jadi tempat tweeter audio.

Masih di bagian pintu, ada ruang penyimpanan pada door trim di area pintu bagian dalam memakai tiga utas "senar gitar."

Senar gitar itu terbuat dari material karet dan bisa dimainkan layaknya gitar atau bass walau tidak bernada. Sebab tujuannya memang bukan alat musik melainkan untuk sandaran menaruh barang-barang kecil.

Sementara pada Aion Y Plus, tampak konvensional. Tidak banyak aspek baru yang disajikan namun sebagai gantinya perusahaan menyematkan banyak material soft touch kulit.

Mobil juga menyajikan 32 warna pencahayaan dan 8 tingkat kecerahan guna menambah suasana elegan pada kabin. Suatu hal yang cukup menarik ruang kursi penumpang rata lantai, tidak ada rongga menonjol di tengah.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Jarang Dipakai Tetap Harus Rutin Ganti Oli

GAC Aion Y PlusKOMPAS.com/Ruly Kurniawan GAC Aion Y Plus

Untuk akomodasi, kedua mobil kursi belakangnya bisa diturunkan sehingga total kapasitas bagasi Atto 3 ialah 1.330 liter sedangkan Aion Y Plus 1.200 liter. Bedanya, bagasi Aion Y Plus ada ruang khusus untuk ban cadangan.

Pada kelengkapan hiburan, Atto 3 disematkan layar infotainment sebesar 15,6 inci pada bagian tengah yang bisa berputar horizontal dan vertikal. Lalu di tengahnya terdapat banyak tombol untuk mengakses fitur-fitur mobil.

Adapun pada Aion Y Plus, layar hiburannya berukuran 14,6 inci yang sajikan beragam menu dan fitur. Semua akses ditaruh di bagian ini sehingga tidak ada tombol fisik yang tertera pada konsol tengah, alias clean.

Dengan begitu, jika Anda memilih suasana kabin yang sangat berbeda dari mobil kebanyakan maka Atto 3 bisa jadi pilihan. Sementara jika hendak mencari kendaraan dengan fungsionalitas, silahkan tengok Aion Y Plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau