Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Ini Bantu Pengemudi Jaga Jarak Aman dengan Kendaraan di Depan

Kompas.com - 28/09/2024, 16:21 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Faktor lelah saat mengemudi kerap memicu terjadinya kecelakaan, khususnya di jalan tol. Kondisi jalan yang panjang kerap membuat pengemudi kehilangan konsentrasi, padahal mobil dalam kondisi melaju kencang.

Selain wajib memperhatikan waktu istirahat, pengemudi mobil dapat memanfaatkan fitur asisten kemudi, seperti adaptive cruise control. Sehingga, risiko kecelakaan akibat kehilangan konsentrasi lebih diminimalisasi.

Riza, Sales Executive Nissan Mlati, Yogyakarta mengatakan ada fitur adaptive cruise control pada mobil modern, sehingga laju kendaraan lebih stabil dan dapat menjaga jarak aman secara otomatis.

Baca juga: Ingat Jangan Gunakan Cruise Control Saat Hujan!


“Pada Serena e-Power, fitur ini dinamakan intelligent cruise control, sistem kerjanya sensor akan membaca posisi kendaraan di depan sebagai acuan, sehingga jarak aman dapat dijaga secara otomatis,” ucap Riza kepada Kompas.com, Sabtu (28/9/2024).

Riza mengatakan, selain dapat membuat laju mobil konstan pada kecepatan yang diinginkan pengemudi, sistem akan menyesuaikan jaraknya dengan kendaraan di depannya.

“Misal pengemudi menginginkan mobil melaju 80 Kpj, namun mobil di depan hanya 70 Kpj, maka secara otomatis laju mobil tertahan dengan prinsip menjaga jarak aman, pengemudi juga bisa mengatur target kecepatan yang diinginkan,” ucap Riza.

Baca juga: Kenali Perbedaan Cruise Control dan Adaptive Cruise Control

Nissan memperkenalkan teknologi ProPILOT Assist di GIIAS 2024Dok. Nissan Nissan memperkenalkan teknologi ProPILOT Assist di GIIAS 2024

Riza mengatakan, untuk mengantisipasi ketika kendaraan di depan melakukan perlambatan, sistem akan memberikan peringatan agar pengemudi melakukan pengereman. Namun, ketika tidak juga direspons, sistem bisa melakukan pengereman otomatis.

“Fitur ini dinamakan intelligent forward collision warning dan intelligent emergency braking di Serena e-Power, keduanya termasuk dari bagian fitur proPILOT assist,” ucap Riza.

Meski demikian, Riza mengatakan, fitur tersebut sifatnya sebagai pembantu, sehingga peran pengemudi tetap dibutuhkan. Maka dari itu, sistem akan meminta pengemudi memegang roda kemudi sesekali, sebagai langkah konfirmasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau