Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Sprint Race MotoGP Indonesia 2024, Martin Jatuh Bagnaia Juara

Kompas.com - 28/09/2024, 14:40 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

MANDALIKA, KOMPAS.com - Pebalap tim pabrikan Ducati Lenovo Francesco Bagnaia berhasil jadi juara di Sprint Race MotoGP Indonesia, di Sirkuit Mandalika, NTB, Sabtu (28/9/2024) setelah tampil tanpa cela.

Balapan dimulai dari Jorge Martin yang start dari posisi pertama dan langsung memimpin balapan sejak tikungan pertama. Martin kemduian dibuntuti Bagnaia yang menyodok ke posisi dua dari start posisi empat.

Baca juga: Live MotoGP Indonesia: Jorge Martin Terjatuh di Lap Pertama Sprint Race

Sayang di lap kedua Martin "terlepeset" dan membuatnya kehilangan posisi. Beruntung pebalap asal Spanyol tersebut masih bisa meneruskan balap sebab tidak terjatuh dari motor.

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP San Marino 2024Dok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP San Marino 2024

Martin yang jatuh membuat Bagnaia memimpin balap di lap kedua. Bagnaia kini dibuntuti oleh rookie GasGas Tech3 Pedro Acosta di posisi kedua, dan pebalap VR46 Racing Marco Bezzeecchi di posisi ketiga.

Usai jatuh pada lap ketiga Martin berada di posisi ke-18, masih lebih baik dari pebalap Repsol Honda Luca Marini yang berada di uruttan ke-19.

Pada lap 4, posisi Bagnaia tidak berubah namun kini Bezzecchi berada di posisi kedua. Adapun posisi ketiga di tempati Marc Marquez yang terus merangsek ke barisan depan.

Baca juga: Mengenal Peran dan Cara Kerja Lampu Indikator Oli Mesin pada Mobil

Untuk diketahui Marquez start dari posisi ke-12 atau baris keempat. Tapi pebalap Gresini Racing itu langsung melesat ke barisan depan lewat start yang sangat baik.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2024

Pada lap ke-6, posisi pertama masih ditempati Bagnaia, Bezzecchi dan Marquez. Adapun pebalap pabrikan Ducati Enea Bastianini di posisi keempat dan Acosta di posisi kelima.

Sisa lima lap Marquez berhasil mencuri tepat Bezecchi yang juga kemudian disalip oleh Bastianini. Urutan balap dari pertama sampai tiga kini diisi oleh Bagnaia, Marcquez dan Bastianini.

Pada akhir balapan Bagnaia berusaha terus tampil menekan tanpa menghiraukan ban. Namun kecepatan Marquez di belakangnya cukup stabil. Masuk sisa empat lap jarak antara Bagnaia dan Marquez tak sampai 0,3 detik.

Baca juga: Cek Sistem Pelumasan Mesin lewat Lubang Pengisian Oli

Marquez sendiri terus diburu oleh Bastianini yang berjarak kurang dari 0,1 detik. Marquez yang memakai motor Desmosedici GP23 berupa pertahankan kecepatan di tengah dua motor pabrikan GP24.

Balapan sisa tiga lap Marquez makin mendekati Bagnaia. Jarak keduanya kini 0,2 detik. Namun Marquez belum berusaha untuk overtake atau mencuri kesempatan untuk menggunting Bagnaia.

Sisa dua lap Bagnaia mulai menjauh dengan jarak 0,5 detik dari Marquez. Sebaliknya, Marquez mulai direcoki Bastianini. Pada sektor 1, Bastianini akhirnya berhasil menggunting Marquez.

Bastianini yang berada di posisi kedua langsung tancap gas untuk mengejar Bagnaia dan menjauh dari Marquez. Tapi jarak Bagnaia dengan Bastianini kini sudah jauh lebih dari 0,8 detik.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Indonesia 2024, Martin Pole Position

Pertarungan Bastianini dan Marquez terus berlanjut di mana Marquez berusaha untuk menyalip Bastianini. Namun upaya tersebut akhirnya dipatahkan pebalap asal Italia tersebut.

Pada akhirnya di last lap, Bagnaia yang tampil tanpa cela sejak awal balapan berhasil menyentuh garis finis pertama. Disusul kemudian Bastianini di posisi kedua dan Marquez di posisi ketiga.

Hasil Sprint Race MotoGP Indonesia 2024:

1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
2 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
3 Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
4 Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)
5 Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)
6 Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
7 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
8 Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)
9 Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)
10 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
11 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
12 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
13 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
14 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
15 Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
16 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
17 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
18 Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)
19 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP24)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau